sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Jan 2021 12:00 WIB

AC Milan Dapatkan Striker, Winger, Bek... Lewat Mario Mandzukic

Kris Fathoni W - detikSport
Jakarta -

Mario Mandzukic akan digaet AC Milan. Lewat transfer itu, Milan bukan cuma bakal mendapatkan striker tapi juga winger dan bahkan bek sayap.

Pesepakbola 34 tahun itu kabarnya akan menandatangani kontrak senilai 2 juta euro selama enam bulan. Jika AC Milan lolos ke Liga Champions musim ini, Mandzukic otomatis akan mendapat perpanjangan kontrak satu tahun bersama Rossoneri.

Buat Mario Mandzukic, Liga Italia sudah tidak asing lagi karena sebelum ini dia sempat empat musim berseragam Juventus. Sejatinya, Mandzukic berposisi sebagai striker atau target man. Tapi ia juga mampu memainkan peran di posisi lain.

Transfermarkt mencatat Mario Mandzukic mampu jadi striker dan winger kiri. Nah, semasa di Juve, pemain asal Kroasia tersebut bahkan sempat dimainkan lebih ke belakang.

Massimiliano Allegri, pelatih Juventus saat itu, sempat memainkan Mario Mandzukic sebagai bek kiri. Secara spesifik bek sayap, atau wing back, yang rutin naik-turun memanfaatkan lebar lapangan.

Fleksibilitas main di sejumlah posisi ini dikarenakan Mario Mandzukic memiliki kemampuan untuk menahan bola atau bahkan melakukan penetrasi sendirian. Tak cuma itu, ia pun memiliki pergerakan tanpa bola yang oke, termasuk dalam menekan pemain lawan yang sedang menguasai si kulit bundar. Tekel-tekelnya juga cukup akurat.

Postur Mario Mandzukic yang menjulang kokoh (1,9 meter/86 kg) turut menunjang aksinya dalam memerankan sejumlah posisi mulai dari lini depan sampai lini belakang, di racikan Allegri-nya Juventus pada saat itu.

"Mario adalah seorang pemain yang punya 'motor' berbeda dari pemain lain. Ia melakukan jumlah lari luar biasa, mantap secara taktik, dan punya teknik bagus," kata Allegri medio 2017, seperti dilansir The New Paper.

Di AC Milan sendiri, Mario Mandzukic terindikasi akan diplot sebagai striker. Itu karena ia bakal diserahi nomor punggung 9, yang identik dengan posisi penyerang tengah.

Hal itu juga menjadi tantangan tersendiri karena selepas pensiunnya Filippo Inzaghi pada 2012, belum ada lagi striker Milan yang menuai kesuksesan besar saat menggunakan nomor 'keramat' tersebut. Alessandro Matri, Fernando Torres, Mattia Destro, Luiz Adriano, Gianluca Lapadula, Andre Silva hingga Gonzalo Higuain, semuanya kesulitan tampil subur di AC Milan.

Pun demikian, ekspektasi AC Milan terhadap Mario Mandzukic tampaknya tak semata urusan gol. Boleh jadi ia akan berkolaborasi dengan pemain veteran lain, Zlatan Ibrahimovic, dalam 'menempa' anak-anak muda Milan demi mengejar gelar Serie A musim ini.

"Aku senang. Kami sekarang punya dua sosok yang menakutkan buat lawan," kata Zlatan Ibrahimovic dilansir Sky Sport Italia, saat ditanya mengenai kedatangan Mario Mandzukic ke AC Milan.

(krs/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com