Bonucci Ungkap 'Dampak Buruk' Ronaldo di Juventus

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 29 Sep 2021 19:45 WIB
MILAN, ITALY - JULY 07:  Leonardo Bonucci of Juventus FC gestures during the Serie A match between AC Milan and Juventus at Stadio Giuseppe Meazza on July 7, 2020 in Milan, Italy.  (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)
Leonardo Bonucci mengungkapkan, pemain-pemain Juventus terlena karena Cristiano Ronaldo. (Foto: Getty Images/Marco Luzzani)
Turin -

Cristiano Ronaldo telah meninggalkan Juventus setelah tiga tahun di Turin. Leonardo Bonucci mengungkapkan, ada 'dampak buruk' keberadaan Ronaldo di Juve: para pemain si Nyonya Tua jadi terlena.

Megabintang sepakbola Portugal itu digaet Juve dari Real Madrid pada 2018. Ronaldo diharapkan bisa mengantarkan si Nyonya Tua merengkuh gelar juara Liga Champions seperti ketika membawa Madrid menjadi juara Eropa empat kali dalam lima tahun.

Selama berkostum Juventus, Ronaldo telah mencetak 101 gol dalam 134 penampilan. Namun, pemain terbaik dunia lima kali itu 'hanya' mampu mempersembahkan dua Scudetto dan satu Coppa Italia bahkan pada musim lalu, Juve bahkan jeblok di liga usai finis keempat.

Sementara itu kehadiran Ronaldo tidak banyak membantu Juventus di Liga Champions. Setelah melaju sampai perempatfinal di 2018/2019, Juve malah tersingkir di babak 16 besar dalam dua edisi terakhir.

Cristiano Ronaldo kini kembali ke Manchester United. Bonucci merasa, kegagalan Juventus memenuhi ekspektasi bukan sepenuhnya kesalahan Ronaldo.

"Ini persoalannya," ucap bek tengah Juventus itu kepada the Athletic. "Memiliki seorang pemain, bahkan seorang pemain terbaik di dunia, bisa menjamin kemenangan Juventus. Kehadiran Cristiano memiliki dampak yang besar kepada kami."

"Dengan hanya berlatih bersama dia sudah memberi kami suatu tambahan tapi secara tidak sadar para pemain mulai berpikir bahwa kehadiran dia sendiri saja sudah cukup untuk memenangi pertandingan. Kami mulai gagal memenuhi standar di dalam pekerjaan sehari-hari, kerendahan hati, pengorbanan, gairah untuk ada bagi rekan setim hari demi hari. Selama beberapa tahun terakhir, saya kira Anda bisa melihatnya," lanjut Bonucci.

"Pada musim lalu, kami finis keempat dan memenangi Coppa Italia karena kami menjadi sebuah tim lagi. Mungkin kami menganggap enteng bahwa jika kami memberi bolanya kepada Cristiano, dia akan memenangkan pertandingan untuk kami. Namun, Cristiano butuh tim sebesar kami membutuhkan dia."

"Seharusnya ada pertukaran karena timlah yang mengangkat individu sekalipun individunya itu adalah pemain terbaik di bumi," cetus Bonucci tentang dampak Ronaldo bagi Juventus.

(rin/krs)