ADVERTISEMENT

Kunci Kesuksesan Jose Mourinho: Strategi!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 25 Jun 2022 08:21 WIB
TIRANA, ALBANIA - MAY 25: Jose Mourinho, Head Coach of AS Roma reacts following their sides victory in the UEFA Conference League final match between AS Roma and Feyenoord at Arena Kombetare on May 25, 2022 in Tirana, Albania. (Photo by Alex Pantling/Getty Images)
Jose Mourinho, salah satu pelatih paling sukses saat ini. (Foto: Getty Images/Alex Pantling)
Roma -

Jose Mourinho membeberkan resep kesuksesan dirinya sebagai pelatih. The Special One menyebut strategi sebagai kunci.

Mourinho merupakan salah satu pelatih paling berprestasi di Eropa. Juru taktik Portugal itu sudah meraup 26 trofi bergengsi bersama enam tim berbeda.

Di antara sederet prestasinya itu termasuk gelar liga di empat negara berbeda, serta dua trofi Liga Champions. Paling baru, Mourinho berhasil mempersembahkan titel UEFA Conference League untuk AS Roma.

Jose Mourinho mengaku menerapkan hal yang sama dalam setiap tim yang dibesutnya. Menurutnya, segala sesuatu tak bisa dilepaskan dari strategi menghadapi lawan, serta persiapan tim menjelang pertandingan.

"Kunci kesuksesan tetap sama - ini semua tentang strategi. Anda tidak dapat memprediksi semuanya, tetapi semakin siap Anda, semakin banyak yang dapat Anda masukkan ke dalam pelatihan," kata Mourinho, dilansir dari Football Italia.

"Anda dapat mengurangi ketidakpastian tersebut dan itu memberi Anda perasaan untuk membuat pilihan dan keputusan lebih mudah. Anda tahu pertandingan sepak bola tentu saja memiliki beberapa risiko, tetapi Anda harus mencoba mengurangi risiko itu dengan mempersiapkan yang terbaik semampu Anda," ujarnya.

Di satu sisi, Mourinho selalu termotivasi menangani tim karena rasa cintanya kepada sepakbola. Pelatih 59 tahun itu masih ingin terus berkarier dalam waktu lama.

TIRANA, ALBANIA - MAY 25: Jose Mourinho, Head Coach of AS Roma lifts the UEFA Europa Conference League Trophy after their sides victory during the UEFA Conference League final match between AS Roma and Feyenoord at Arena Kombetare on May 25, 2022 in Tirana, Albania. (Photo by Valerio Pennicino - UEFA/UEFA via Getty Images)Jose Mourinho membawa AS Roma juara UEFA Conference League. (Foto: UEFA via Getty Images/Valerio Pennicino - UEFA)

"Ini adalah sifat seseorang yang ingin berada di sepakbola selama bertahun-tahun. Jika Anda tidak jatuh cinta dengan sepakbola dan Anda mencapai segala sesuatu yang ingin dicapai dalam sepakbola, Anda bisa berhenti, menikmati medali-medali Anda, serta menjalani hidup Anda di luar sepakbola. Namun jika Anda mencintai sepakbola, Anda tidak ingin berhenti,".

"Jika Anda menyukai sepak bola, Anda tidak merasa bahwa Anda semakin tua. Anda merasa segar, Anda merasa muda dan perasaan itu berlangsung sampai hari-hari terakhir Anda. Jadi, motivasi adalah bagian dari DNA," Jose Mourinho mengungkapkan.

(bay/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT