sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 05 Agu 2020 15:51 WIB

Suporter Bisa Nonton Laga Bundesliga Lagi di Stadion Musim Depan?

Adhi Prasetya - detikSport
BERLIN, GERMANY - MAY 22: A fan wears a protective face mask outside the Olympiastadion during the Bundesliga match between Hertha Berlin and Union Berlin during the coronavirus crisis on May 22, 2020 in Berlin, Germany. The Bundesliga, after shutting down all its games in March due to lockdown measures against the spread of the virus, resumed matches last week, albeit in empty stadiums. Fans are mostly watching the games live from home or at the first pubs that have been allowed to reopen. (Photo by Maja Hitij/Getty Images) Seorang suporter Hertha Berlin menunggu di luar stadion saat tim kesayangannya bertanding. Foto: Getty Images/Maja Hitij
Jakarta -

Laga Bundesliga dikabarkan boleh dihadiri penonton di stadion musim depan. Tapi kepastian mengenai hal ini baru akan dibahas lebih lanjut pekan depan.

Diberitakan Sky Sports, 36 klub di dua divisi teratas Liga Jerman sudah setuju dengan rencana ini pada Selasa (4/8) kemarin. Ada kemungkinan penonton sudah bisa hadir di pekan pertama Bundesliga 2020/21, yang rencananya dimulai 18 September.

Izin dibolehkannya suporter hadir ke stadion tidak turun dari Federasi Sepakbola Jerman (DFB) ataupun DFL selaku operator liga, melainkan dari pemerintah.

Masing-masing dari 16 negara bagian Jerman memiliki wewenang untuk menentukan apakah klub-klub di wilayah mereka berhak menggelar pertandingan dengan dihadiri penonton atau tidak.

Rencananya, Menteri Kesehatan Jens Spahn akan mengadakan pertemuan pada Senin (10/8) untuk membahas kapan waktu yang tepat untuk memberlakukan kebijakan tersebut, serta berapa banyak suporter yang dibolehkan hadir.

CEO DFL Christian Seifert menyebut tak akan mendesak pemerintah mengenai rencana ini. Pihaknya sadar bahwa saat langkah mendatangkan fans kembali ke stadion harus dilakukan bertahap.

"DFL tak akan meminta apapun soal ini, namun kami telah bersiap untuk mengambil langkah kecil ini di waktu yang tepat," kata Seifert.

"Liga Jerman hanya bisa kembali secara bertahap. Tak ada keajaiban apapun yang bisa membuat para politisi memberikan lampu hijau untuk mengisi stadion sampai penuh.

"Hal itu akan dilakukan bertahap. Kami harus membuat situasi kembali normal secara perlahan. Tak ada seorang pun di DFL yang meminta fans harus dibolehkan hadir dalam jumlah tertentu. Itu sangat tak bertanggung jawab," jelasnya.

Andai suporter diizinkan hadir kembali, sejumlah langkah pengamanan untuk suporter kabarnya telah disiapkan, khususnya untuk mencegah peningkatan jumlah kasus COVID-19 .

Langkah-langkah itu antara lain larangan penyediaan alkohol dalam stadion dan larangan diisinya tribun berdiri sampai Oktober 2020. Kemudian suporter tim tamu juga dilarang hadir sampai tahun 2021.

Selain itu, para suporter Liga Jerman yang hadir rencananya akan didata, sehingga bisa diketahui rekam jejak perjalanan mereka andaikan terinfeksi COVID-19.



Simak Video "Bayern Bantai Schalke 8-0, Serge Gnabry Hat-trick"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com