ADVERTISEMENT

Barcelona Ancam Batalkan Kontrak De Jong, Siap Tempuh Jalur Hukum

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 08 Agu 2022 22:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 07: Frenkie De Jong of FC Barcelona looks on following the Joan Gamper Trophy match between FC Barcelona and Pumas UNAM at Spotify Camp Nou on August 07, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)
De Jong tak mau gajinya dipangkas lagi oleh Barcelona. Foto: Getty Images/Alex Caparros
Jakarta -

Barcelona berupaya membatalkan kontrak baru Frenkie de Jong, yang membuat mereka harus menggaji gelandang asal Belanda tersebut dengan harga tinggi. Dengan begitu, Blaugrana tak harus berutang kepadanya.

Dilaporkan The Athletic dan dikutip Daily Mail serta Forbes, Barcelona rupanya sudah bersurat kepada De Jong pada 15 Juli lalu, yang menyatakan bahwa mereka "menemukan bukti tindakan kriminal berkaitan dengan nama-nama yang ikut menandatangani pembaruan kontraknya" pada Oktober 2020 lalu, saat klub masih dipimpin Josep Maria Bartomeu.

Raksasa Catalan itu juga menulis kepada De Jong bahwa mereka bisa membawa masalah ini ke ranah hukum. Mereka ingin membatalkan kontrak tersebut, sehingga kontrak lama yang ditandatangani De Jong saat bergabung pada 2019 lalu kembali berlaku.

Dalam kontrak yang diperbarui itu, De Jong diketahui menerima pengurangan gaji di musim 2020/21 dan 2021/22, namun jumlah yang dipangkas tersebut akan dilunasi pada empat tahun setelahnya. Durasi kontraknya juga ditambah dua tahun hingga 2026.

Namun jika mengacu kontrak baru tersebut, maka Barcelona harus memberinya gaji bersih 20 juta Euro musim ini dan 25 juta Euro di musim depan. Uang segitu sudah termasuk pembayaran cicilan gaji De Jong. Hal ini yang memberatkan Barcelona.

Barcelona sendiri sudah membuat kebijakan baru yang menyatakan bahwa tak ada pemain yang gajinya melebihi 10 juta Euro per musim. Hal ini untuk mengetatkan keuangan Barcelona yang masih porak poranda usai diterpa krisis finansial.

De Jong sendiri dilaporkan enggan menerima pengurangan gaji. Barcelona kabarnya sudah memberi peringatan jika ia akan menjadi cadangan atau diberi kesempatan main sebagai bek tengah (yang bukan posisi aslinya) jika tetap menolak.

Nasib De Jong di Barcelona sejauh ini masih tanda tanya. Ia didekati Manchester United, namun ia enggan pindah ke klub yang tak bermain di Liga Champions. Chelsea juga berminat padanya, namun saat ini ia menginginkan apa yang menjadi haknya.

Barcelona diketahui masih berpacu dengan waktu untuk bisa mendaftarkan para pemain baru sebelum Liga Spanyol musim baru dimulai. Tercatat ada lima pemain baru plus dua pemain lama dengan kontrak baru yang masih perlu didaftarkan.

Mereka adalah Robert Lewandowski, Raphinha, Franck Kessie, Andreas Christensen, Jules Kounde, Sergi Roberto, dan Ousmane Dembele. Patut dinanti apakah Barcelona berhasil membatalkan kontrak De Jong, atau surat itu hanya 'taktik' untuk menekannya.

Jika De Jong bersedia dipangkas gajinya atau bahkan berhasil 'diusir' dari Camp Nou dengan pindah ke klub lain, Barcelona kabarnya akan bergerak untuk mengejar Bernardo Silva dari Manchester City.

(adp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT