Arsenal Jauh dari Zona Eropa, Liga Europa Jadi Makin Penting

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 24 Mar 2021 15:45 WIB
Arsenals Martin Odegaard, centre celebrates with teammates after scoring the opening goal during the Europa League round of 16, first leg, soccer match between Olympiacos and Arsenal at Georgios Karaiskakis stadium, in Piraeus port, near Athens, Thursday, March 11, 2021. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Arsenal sudah sampai babak perempatfinal Liga Europa dan akan menghadapi Slavia Praha (Foto: AP/Thanassis Stavrakis)
Jakarta -

Posisi Arsenal di klasemen Liga Inggris jauh dari zona Eropa. Lolos ke kompetisi Eropa musim depan lewat jalur Liga Europa bisa jadi salah satu jalan Arsenal.

Laju Arsenal di Premier League musim ini jauh dari kata mulus. Tim arahan Mikel Arteta itu sudah kalah 11 kali dalam 29 pertandingan di Liga Inggris musim ini.

Arsenal kini menempati peringkat kesembilan klasemen Liga Inggris dengan 42 poin dari 29 laga. Mereka berjarak sembilan poin dari Chelsea yang ada di peringkat keempat atau zona Liga Champions.

Dari West Ham United yang ada di urutan kelima, Arsenal tertinggal tujuh angka. Finis di peringkat kelima klasemen Liga Inggris akan memberi tiket ke Liga Europa musim depan.

Melihat posisi Arsenal yang jauh dari zona Eropa, Granit Xhaka menekankan pentingnya timnya lolos ke final Liga Europa. Seperti diketahui, tim juara Liga Europa berhak tampil di Liga Champions musim berikutnya.

Langkah Arsenal di Liga Europa musim ini sudah sampai babak perempatfinal. Pierre-Emerick Aubameyang dkk akan menghadapi Slavia Praha di babak delapan besar.

"Ini adalah musim yang naik turun untuk Arsenal. Kami memulai dengan baik, tapi kemudian gagal meraih poin dalam serangkaian pertandingan," ujar Xhaka seperti dilansir Metro.

"Sekarang segalanya jelas lebih baik, dengan kemenangan atas Tottenham dan lolos ke perempatfinal Liga Europa."

"Di Premier League, kami jauh dari zona Eropa. Kami akan butuh serangkaian hasil untuk menembusnya. Jadi akan sangat penting buat kami untuk mencapai final Liga Europa," katanya.

Arsenal akan lebih dulu jadi tuan rumah pada pertandingan leg pertama perempatfinal Liga Europa pada 8 April. Mereka akan gantian tandang ke markas Slavia Praha di leg kedua pada 15 April.

(nds/yna)