Puasnya Unai Emery Lihat Villarreal Jungkalkan Arsenal

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 07 Mei 2021 06:00 WIB
Villareals manager Unai Emery gives instructions from the side line during the Europa League semifinal second leg soccer match between Arsenal and Villarreal at the Emirates stadium in London, England, Thursday, May 6, 2021. (AP Photo/Alastair Grant)
Unai Emery. Foto: AP/Alastair Grant
London -

Villarreal berhasil melaju ke final Liga Europa musim ini usai menyingkirkan Arsenal. Manajer The Yellow Submarine, Unai Emery, begitu puas dengan penampilan gemilang anak asuhnya.

Berbekal kemenangan 2-1 di semifinal leg pertama pekan lalu, Villarreal tak lantas bermain bertahan di leg kedua, Jumat (7/5/2021) dini hari WIB. Setidaknya mereka menciptakan 8 tembakan, meski tak ada yang berbuah gol.

Namun kerapatan barisan belakang tak bisa dipungkiri menjadi kunci keberhasilan Villarreal di laga ini. Seberapa keras Arsenal mencoba, serangan-serangan yang dihasilkan semuanya berakhir di jalan buntu.

Padahal ada 14 percobaan yang dilepaskan oleh Pierre-Emerick Aubameyang dkk, namun hanya tiga yang benar-benar mengancam, itu pun semuanya gagal bersarang di gawang GerĂ³nimo Rulli.

Ditambah lagi barisan belakang Villarreal begitu sigap. Sebanyak 20 duel udara defensif, 6 intersep, 23 sapuan, dan 17 tekel sukses berhasil mereka lancarkan. Jelas Arsenal kesulitan mengembangkan permainan.

"Hari ini kami bekerja dengan baik, bertahan dengan baik, dan sesekali dengan penguasaan bola, kami mengontrol jalannya laga dan punya opsi untuk mencetak gol. Tapi mereka (Arsenal) punya peluang-peluang terbaik untuk mencetak gol," kata Unai Emery seusai laga kepada BT Sport.

"Kami layak tampil di final, dan kami akan menunjukkan performa terbaik kami, bertarung menghadapi Manchester United untuk meraih gelar ini," sambung eks manajer Arsenal itu.

Kelolosan Villarreal kali ini membuat Unai Emery sudah lima kali menembus final Liga Europa selama kariernya sebagai manajer. Ia sebelumnya sudah menjadi juara tiga kali bersama Sevilla (2014, 2015, 2016), dan sekali menjadi runner-up bersama Arsenal pada 2019.

(adp/raw)