Xavi dan Barca Belum Kibarkan Bendera Putih di Liga Champions

Afif Farhan - Sepakbola
Rabu, 24 Nov 2021 18:20 WIB
BARCELONA, SPAIN - NOVEMBER 20: Head coach Xavi Hernandez of FC Barcelona directs his players during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RCD Espanyol at Camp Nou on November 20, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Xavi dan Barca Belum Kibarkan Bendera Putih di Liga Champions (Getty Images)
Barcelona -

Barcelona lagi berada di pinggir jurang Liga Champions, bisa terjun ke Liga Europa. Xavi Hernandez tidak panik, tetap tenang, dan percaya timnya akan berjuang.

Barcelona terancam tidak lolos ke babak 16 besar Liga Champions, setelah cuma main seri 0-0 dengan Benfica pada Rabu (24/11) dinihari WIB. Walau kini Barcelona menduduki peringkat kedua Grup E. Posisinya belum aman!

Barcelona punya tujuh poin, dibuntuti Benfica dengan lima poin di peringkat ketiga. Bayern Munich di peringkat pertama, sudah mengunci tiket ke babak 16 besar Liga Champions dan Dynamo Kyiv di posisi paling buncit cuma mengoleksi satu poin dan sudah dipastikan tidak akan beranjak dari tempatnya.

Kini, Barcelona dan Benfica akan saling mati-matian di matchday keenam Liga Champions, pada Kamis (9/12) dinihari WIB mendatang. Barcelona akan menghadapi Bayern Muncih dan Benfica menjamu Dynamo Kyiv.

Bayern Munich diprediksi akan sulit dikalahkan Barcelona. Munich begitu superior, malah di pertemuan pertama membantai Barca di Cap Nou dengan skor telak tiga gol tanpa balas!

Benfica punya kans lebih baik. Mereka akan bermain di kandag sendiri menjamu Dynamo Kyiv dan diprediksi akan meraih tiga poin.

Andai Barcelona seri dan Benfica menang, nama kedua yang akan lolos ke babak 16 besar karena unggul dalam head to head (Benfica kalahkan Barca di pertemuan pertama 3-0).

Barcelona's Sergio Busquets, left, duels for the ball with Benfica's Joao Mario during a Group E Champions League soccer match between FC Barcelona and Benfica at Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Tuesday, Nov. 23, 2021. (AP Photo/Joan Monfort)Barcelona diimbangi Benfica 0-0 (AP/Joan Monfort)

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez tidak panik. Dirinya memuji penampilan anak asuhnya yang berjuang keras walau cuma meraih satu poin dari Benfica.

"Saya ingin kebanggaan dan kesenangan di dalam skuad. Begitulah cara saya menjalani kehidupan sepakbola, menjaga suasana hati dengan baik," terangnya seperti dilansir dari situs resmi UEFA.

"Hari ini kami bermain baik, cuma kurang gol," lanjutnya.

Xavi Hernandez tidak akan memfokuskan dirinya untuk akhir laga di fase grup Liga Champions nanti, yang jadi pertaruhan hidup mati. Xavi cuma yakin, nanti Barcelona pasti bermain lebih baik.

"Kami harus terus bekerja, masih ada peluang di Bayern Munich dan kami harus mendapatkannya," tegasnya.

(aff/krs)