Barcelona Ukir Sejarah Jika Menang di Kandang Bayern Munich

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 08 Des 2021 08:40 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 14: Frenkie de Jong, Luuk De Jong and Memphis Depay of Barcelona interact prior to the UEFA Champions League group E match between FC Barcelona and Bayern Muenchen at Camp Nou on September 14, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Barcelona wajib menang melawan Bayern Munich. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Munich -

Barcelona berada di ujung tanduk saat bertemu Bayern Munich di matchday terakhir Grup E Liga Champions. Kemenangan bisa membuat Blaugrana ke 16 besar dan mengukir sejarah.

Bayern Munich vs Barcelona tersaji di Allianz Arena, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB. El Barca wajib menang demi bisa menjadi runner-up grup dan mendampingi Bayern ke fase gugur.

Tiga poin dipastikan tidak bakal mudah didapat Barcelona, terlebih Bayern bertekad tampil ngotot meski sudah berstatus juara grup. Rekor Barcelona saat bermain di markas Die Roten juga tidak sip dengan meraih dua kali imbang dan kalah tiga kali.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, menegaskan bahwa catatan buruk itu belum tentu terus berlanjut. Ada waktunya sejarah baru bisa diukir dan Barcelona harus ngotot.

"Kami dihadapkan dengan salah satu rival terburuk yang kami miliki. Ini adalah salah satu klub terbaik di dunia, tetapi kami tahu bahwa kami bergantung pada diri sendiri," kata Xavi seperti dikutip dari Mundo Deportivo.

"Jika kami menang, kami lolos. Kami belum pernah menang di Munich dan di sana untuk membuat sejarah. Kami sangat bersemangat terkait ini dan untuk bersaing dengan amunisi kami," sambungnya.

Bayern saat ini duduk di puncak klasemen dengan 15 poin dari hasil sapu bersih lima laga. Barcelona duduk di posisi kedua setelah mengumpulkan tujuh poin dan Benfica, yang di saat bersamaan bertemu Dynamo Kiev, ada di tempat ketiga dengan 5 poin.

Barcelona tidak dalam posisi menguntungkan andai punya poin yang sama dengan Benfica. Hal tersebut dikarenakan Barcelona kalah head to head: kalah 0-3 di putaran pertama dan imbang di putaran kedua.

"Kami akan berusaha. Mereka yang mencoba dan berusaha sampai akhir tidak bakal gagal dan saya tidak percaya pada kata gagal. Jika itu terjadi, mari membahasnya besok. Kami bergantung pada diri kita sendiri dan itu akan sulit, tetapi kami akan memenangkan pertandingan," Xavi menegaskan.



Simak Video "Xavi: Barcelona Bukan Favorit Juara Liga Europa, Tapi Sevilla"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/adp)