Jokowi yang Hati-hati di Sirkuit Mandalika

Kanavino Ahmad Rizqo - Sport
Jumat, 12 Nov 2021 19:38 WIB
Diketahui, Jokowi akan meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. Sebelum dua agenda tersebut, Jokowi akan menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor balap pribadinya. (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jokowi yang Hati-hati di Sirkuit Mandalika (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Mandalika -

Presiden Jokowi akhirnya menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok. Akan tetapi, Jokowi mengaku tidak berani kebut-kebutan.

Presiden Jokowi mengunjungi Sirkuit Mandalika, pada Jumat (12/11). Jokowi didampingi serta oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Jokowi pun menggeber motornya di lintasan balapan level dunia tersebut. Orang nomor satu Indonesia itu, menjajalnya dengan motor custom warna hijau garapan Katros Garage.

Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)Jokowi jajal Sirkuit Mandalika (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)

Saat menjajal lintasan sirkuit, Presiden Jokowi mengaku tidak berani memacu sepeda motornya kencang-kencang. Hal itu disebabkan kondisi lintasan yang basah akibat diguyur hujan.

"Ini kan Sirkuit Mandalika ini kan sirkuit baru dan tadi kan juga baru saja hujan jadi saya nggak berani ngebut. Meskipun nggak ngebut, saya kira yang lain-lain jauh tertinggal," ujar Jokowi kepada awak media usai meresmikan Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi. Trek ini dilengkapi dua service road, yaitu service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outer (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter), serta pit lane (panjang 835 meter dan lebar 14 meter).

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," ungkap Jokowi ketika ditanya soal trek khusus di Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika ini nantinya akan dipakai untuk ajang balapan World Superbike (WSBK) Mandalika pada 19-21 November 2021. Lalu di 2022 mendatang, masuk dalam kalender MotoGP.

(knv/aff)