Eks Pelatih Prancis Sebut Italia Calon Juara karena Alasan Ini

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 24 Jun 2021 12:40 WIB
ROME, ITALY - JUNE 20: Players of Italy celebrate their sides victory towards the fans after the UEFA Euro 2020 Championship Group A match between Italy and Wales at Olimpico Stadium on June 20, 2021 in Rome, Italy. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Timnas Italia dianggap sebagai kandidat kuat juara Euro 2020. (Foto: Getty Images/Ryan Pierse)
Jakarta -

Eks pelatih tim nasional Prancis Raymond Domenech menyebut Italia sebagai kandidat kuat juara Euro 2020. Italia paling meyakinkan sejauh ini.

Italia jadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Gli Azzurri menyelesaikan fase grup dengan nilai sempurna 9, mencetak tujuh gol, dan tak kebobolan satu kali pun.

Tim arahan Roberto Mancini itu lolos sebagai juara Grup A Piala Eropa 2020, lima poin di depan Wales yang jadi runner-up. Selanjutnya, Italia akan menghadapi Austria di babak 16 besar.

Italia sekaligus menyamai rekor tak terkalahkan sepanjang 30 pertandingan beruntun, yang diukir bersama Vittorio Pozzo pada rentang 1935-1939. Domenech menilai, Italia adalah satu-satunya tim yang sejauh ini bisa selalu meyakinkan di tiap pertandingannya.

"Italia sekarang adalah salah satu kandidat jelas untuk memenangi Euro 2020. Buat saya, mereka tampak seperti satu-satunya tim nasional yang mengonfirmasi statusnya dari laga ke laga, sementara yang lainnya memunculkan keraguan," ujar pria yang membawa Prancis ke final Piala Dunia 2006 itu dilansir Football Italia.

"Italia berhasil mempertahankan karakter dan keyakinan tim. Saya mengagumi semangat kolektif tim ini, kecepatan mereka menyerang, determinasi untuk memenangkan bola kembali dengan segera dan menyerang balik, tidak pernah membiarkan lawan mereka mendapatkan momen tenang."

"Roberto Mancini menghadirkan napas baru ke kultur sepakbola Italia, yang sebelumnya sudah terlalu stereotipikal," sambung Raymond Domenech, sembari memuji Mancini.

(raw/rin)