Jerman Gagal di Euro 2020, Joachim Loew Minta Maaf

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 01 Jul 2021 10:45 WIB
After the German teams elimination against England German coach Joachim Loew takes part in an online press conference in Herzogenaurach, Germany, Wednesday, June 30, 2021. (Federico Gambarini/dpa via AP)
Joachim Loew meminta maaf usai Jerman tersingkir dari Euro 2020 (Foto: AP/Federico Gambarini)
Herzogenaurach -

Joachim Loew menutup kariernya sebagai pelatih timnas Jerman dengan kekecewaan usai tersingkir dari Euro 2020. Loew meminta maaf atas kegagalan Jerman.

Langkah Jerman di Piala Eropa 2020 terhenti di babak 16 besar. Die Mannschaft tersingkir setelah dikalahkan Inggris dengan skor 0-2 dalam pertandingan di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB.

Itu jadi pertandingan terakhir Loew bersama timnas Jerman. Loew dan timnas Jerman telah sepakat untuk pisah jalan setelah Piala Eropa 2020.

Menutup perjalanannya di timnas Jerman dengan kekalahan, Joachim Loew mengaku kecewa berat. Dia mengaku bertanggung jawab atas kegagalan Jerman dan meminta maaf kepada suporter.

"Ini bukan perpisahan yang kami semua bayangkan. Rasa kecewanya amat mendalam setelah kekalahan kemarin. Kemarin adalah 4,5 pekan yang intens," ujar Joachim Loew dalam konferensi pers terakhirnya sebagai pelatih Jerman, seperti dilansir situs resmi DFB.

"Saya selalu yakin ke tim dan percaya kepada mereka. Saya minta maaf kami telah mengecewakan fans dan tidak mendatangkan antusiasme yang telah kami rencanakan sebelum turnamen."

"Saya bertanggung jawab atas tersingkirnya kami."

Posisi Joachim Loew sebagai pelatih timnas Jerman selanjutnya akan diisi oleh mantan pelatih Bayern Munich, Hansi Flick.

"Saya doakan yang terbaik untuk Hansi Flick dan semoga sukses. Hati saya masih hitam, merah, dan emas," kata Loew.

Joachim Loew menangani timnas Jerman sejak Juli 2006 menggantikan Juergen Klinsmann. Prestasi tertingginya adalah mengantar Jerman juara Piala Dunia 2014.

Joachim Loew secara keseluruhan memimpin Jerman dalam 198 pertandingan. Bersama Loew, Jerman mencatat 125 kemenangan, 29 hasil imbang, dan 34 kali kalah.

(nds/pur)