ADVERTISEMENT

Messi Vs Mbappe di Usia 22 Tahun, Penguasa Ballon d'Or Kini Vs Kelak?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 01 Des 2021 13:20 WIB
Paris Saint-Germains French forward Kylian Mbappe talks to Paris Saint-Germains Argentinian forward Lionel Messi at the end of the French L1 football match between Stade de Reims and Paris Saint-Germain at Auguste Delaune Stadium in Reims on August 29, 2021. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Foto: AFP/FRANCK FIFE
Jakarta -

Lionel Messi sudah mengumpulkan 7 Ballon d'Or, sebuah pencapaian luar biasa yang bakal amat sulit disamai apalagi dilampaui. Tapi ada indikasi kuat Kylian Mbappe kelak juga akan jadi penguasa Ballon d'Or.

Messi, yang kini jadi rekan satu tim Mbappe di Paris Saint-Germain, meraih Ballon d'Or teranyarnya pada awal pekan. Ia didaulat jadi yang terbaik usai mengungguli Robert Lewandowksi dan Jorginho.

Dengan koleksinya sejauh ini, Messi kini unggul dua Ballon d'Or dari Cristiano Ronaldo. Sebelum era kedua pesepakbola jempolan itu, cuma ada delapan sosok yang pernah menang Ballon d'Or lebih dari sekali. Dan pada saat itu juga tidak ada satu pesepakbola pun yang pernah meraihnya lebih dari tiga kali.

"Entahlah apa rekor ini akan bisa dipatahkan," kata Messi usai acara Ballon d'Or 2021, seperti dikutip Mirror.

"Aku mesti menerima (jika ada yang bisa melampauinya) tapi sejujurnya aku tak yakin akan ada yang bisa melakukannya. Tujuh sudah merupakan jumlah impresif."

Guillem Balague, pakar sepakbola Spanyol, mengamini hal itu. Soal kemungkinan ada yang bisa meraih lebih dari tujuh Ballon d'Or, ia mengatakan, "sepertinya tidak akan ada."

"Kini tak ada lagi yang bisa mengejar Messi. Pencapaian ini unik untuk beragam alasan. Bahkan sosok seperti [Diego] Maradona atau Pele dulu punya konsistensi seperti Messi."

Tentu saja sepakbola adalah olahraga yang tak pernah stagnan. Selalu ada dinamika dan perubahan seiring bergantinya zaman.

Bahkan sebelum era Messi dan Ronaldo, takkan pernah terbayang ada yang bisa lebih dari tiga kali meraih Ballon d'Or -- sebagaimana dulu dilakukan Michel Platini, Johan Cruyff, dan Marco van Basten. Dan dengan lahirnya bintang-bintang baru, entah apa yang akan terjadi di masa depan.

Jika nantinya ada lagi yang mampu meraih meraih Ballon d'Or lebih dari satu, atau bahkan berusaha mengejar pencapaian Messi, nama Kylian Mbappe amat layak diperhitungkan. Simak statistik yang mengindikasikan bahwa Mbappe kelak akan jadi penguasa Ballon d'Or, seperti halnya Messi saat ini, di halaman selanjutnya!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT