Presiden Senegal Mau Ajak Salaman, eh Sadio Mane Malah Lakukan Ini

ADVERTISEMENT

Presiden Senegal Mau Ajak Salaman, eh Sadio Mane Malah Lakukan Ini

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 09 Feb 2022 20:24 WIB
Senegals President Macky Sall, center, stands with footballers Kalidou Koulibaly, left, and Sadio Mane, right, at a ceremony to mark the countrys African Cup win, at the presidential palace in Dakar, Senegal Tuesday, Feb. 8, 2022. Senegal won its first African Cup Sunday by beating Egypt 4-2 in a penalty shootout with Sadio Mane scoring the decisive penalty. (AP Photo/Stefan Kleinowitz)
Kalidou Koulibaly, Presiden Senegal Macky Sall, dan Sadio Mane. Foto: AP/Stefan Kleinowitz
Jakarta -

Ada momen kocak saat Sadio Mane dianugerahi lencana tanda jasa oleh Presiden Senegal Macky Sall. Hal itu turut bikin nama Roberto Firmino disebut-sebut.

Sadio Mane baru saja tiba di negaranya setelah membawa Senegal meraih gelar juaranya yang pertama di ajang Piala Afrika, berkat keberhasilan mengatasi Mesir di partai puncak.

Pencapaian bersejarah di dunia sepakbola Senegal itu turut bikin seantero negara bersuka cita. Rakyat Senegal bahkan sudah berpesta di jalanan kota sejak Minggu (6/2) malam.

Di hari Senin (7/2), pesta berlanjut setelah pemerintah Senegal menyatakannya sebagai Hari Libur Nasional. Tujuannya tentu saja agar bisa kembali merayakan keberhasilan anak asuh Aliou Cisse yang akan pulang.

AFP ketika itu melaporkan ada ratusan ribu warga yang mendatangi ibu kota Senegal, Dakar, demi menyambut kepulangan Mane cs. Presiden Senegal Macky Sall menyambut langsung skuad Senegal di bandara.

Setelah itu skuad Senegal berparade di atas sebuah bus menuju istana kepresidenan. Jalur parade ini dipadati lautan manusia yang mengibarkan bendera dan menyalakan kembang api.

Timnas Senegal melanjutkan perayaan dengan jamuan makan malam bersama Macky Sall di Istana Negara. Skuad jawara Piala Afrika 2021 itu rencananya menerima penghargaan tertinggi nasional pada Selasa (8/2).

Nah, sesuai dengan rencana itulah para pemain Senegal pun dianugerahi Order of the Lion. Dalam seremoni dengan sang presiden, para pemain pun dipanggil satu per satu untuk menerima lencana penghargaan.

Tiba giliran Sadio Mane, ada sebuah kejadian unik. Awalnya semua terlihat biasa-biasa saja, dengan Presiden Senegal Macky Sall sukses menancapkan lencana di bagian dada baju Mane.

Namun, setelah itu usaha sang presiden kemudian menyalami Sadio Mane tidak sukses karena si pesepakbola sudah kadung bergerak untuk melakukan selebrasinya. Tangan Presiden Macky Sall sampai menggapai, tapi Mane benar-benar tak sadar.




Peristiwa itu pun sontak viral dan banyak dibahas di media sosial. Di sinilah nama Firmino, rekan setim Mane di Liverpool muncul disebut-sebut.

Kenapa? Karena selebrasi yang dilakukan Sadio Mane, dengan mengangkat kedua tangan ke satu sisi lalu mengayunkannya ke bagian bawah sisi lain, rutin diperlihatkan oleh Firmino.

(krs/pur)

ADVERTISEMENT