ADVERTISEMENT

Heboh Skor Bola 91-1 dan 95-0, Rekor Dunia Masih untuk Skor 149-0

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 06 Jul 2022 20:00 WIB
Soccer Football - World Cup - Round of 16 - Uruguay vs Portugal - Fisht Stadium, Sochi, Russia - June 30, 2018   REUTERS/Henry Romero
Ilustrasi gol. (Foto: Henry Romero/Reuters)
Jakarta -

Dua laga sepakbola di Sierra Leone jadi buah bibir karena skor 91-2 dan 95-0. Rekor dunia untuk laga bola dengan skor terbesar sendiri masih 149-0.

Sorotan tajam tertuju kepada laga bola yang berakhir dengan skor fantastis, ketika Gulf FC meraih kemenangan 91-1 atas Koquima Lebanon dan Lumbebu United kalah telak 0-95 dari Kahunla Rangers.

BBC menyebut, kedua laga dimainkan berbarengan dalam perebutan tiket promosi ke divisi teratas di Sierra Leone. Seiring laga berjalan, terindikasi bahwa produktivitas gol bisa jadi penentu.

Skor akhir kedua laga kontroversial di Sierra Leone itu sedang dalam investigasi Federasi Sepakbola Sierra Leone (SLFA) atas dugaan match fixing alias pengaturan skor. Hasil akhir kedua laga juga sudah dianulir SLFA.

Rekor dunia laga bola dengan skor terbesar

Skor fantastis di kedua laga itu sendiri, walaupun memunculkan dugaan match fixing, masih kalah dari rekor dunia mengenai skor terbesar di dalam laga sepakbola.

Dalam catatan The Guinness Book of World Records, laga dua klub dari Madagaskar menyandang predikat tersebut. Ada AS Adema yang menang dengan skor telak 149-0 atas Stade Olymique l'Emyrne pada 31 Oktober 2002.

Merujuk pada informasi di Guardian, skor 149-0 itu memecahkan rekor sebelumnya di sebuah laga sepakbola level senior yakni ketika Arbroath melumat Bon Accord di Skotlandia dengan skor 36-0 pada 1885.

Guardian, dalam artikelnya medio November 2002, mengisahkan bahwa di laga tersebut para pemain Stade Olymique l'Emyrne "dengan sengaja menjebol gawangnya sendiri sebanyak 149 kali, untuk memprotes keputusan wasit."

Mengutip Radio Madagascar, artikel Guardian itu juga menyatakan bahwa para pemain Adema cuma bisa berdiam diri kebingungan di atas lapangan pada saat para penggawa Stade Olymique l'Emyrne mencetak ke-149 gol bunuh dirinya.

Tak heran kalau hal itu juga menjadi rekor dunia dalam hal gol bunuh diri untuk sebuah laga domestik di dalam The Guinness Book of World Records.

(krs/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT