sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 16 Apr 2019 16:37 WIB

LIB Belum Berencana Pakai VAR, tapi Mau Bangun Lembaga Independen Wasit

Randy Prasatya - detikSport
LIB belum berencana gunakan VAR. (Foto: REUTERS) LIB belum berencana gunakan VAR. (Foto: REUTERS)
Jakarta - Indonesia belum punya rencana menggunakan Video Assistant Referee (VAR) seperti Vietnam, tapi PT Liga Indonesia Baru (LIB) ingin punya lembaga independen wasit.

Vietnam akan menggunakan VAR pada putaran kedua V.League musim 2019. VAR ini nantinya berbentuk mobil van yang sudah dilengkapi peralatan dengan standar FIFA, tanpa lokasi pusat untuk meminimalisir anggaran.

Indonesia belum berniat untuk mencontoh Vietnam. Direktur interim PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2, Dirk Soplanit, menyebut liga tak bisa ambil keputusan sendiri.


"PSSI belum ada rancangan ke situ. Hal-hal itu di LIB kami tidak bisa ambil keputusan sendiri, harus bareng sama federasi," kata Dirk kepada detikSport.

"Liga di Eropa juga belum semuanya menggunakan. Nanti kami kaji dulu dengan matang apa manfaatnya. Saya sendiri belum tahu (kisaran harga VAR). Membicarakannya saja belum, bagaimana tahu harga dan sebagainya," sambungnya.

Meski belum ada rencana menggunakan VAR, Dirk mengungkapkan bahwa ada rencana membangun lembaga independen wasit. Hal itu juga dipastikan tidak akan ada tumpang tindih tugas dengan Komite Wasit PSSI.


"Pembicaraan terakhir di Komite Eksekutif itu nanti wasit ada lembaga independen yang menangani. Jadi, selama ini wasit itu PSSI dan LIB yang mengaturnya," Dirk mengungkapkan.

"Nah, ke depannya diharapkan terbentuknya lembaga independen yang mengatur wasit. Proses-proses merekrut wasit sampai penugasan nanti jadi tugas badan independen. Istilahnya nanti PSSI dan LIB sudah dikunci untuk masuk soal wasit."

"(Komite wasit) tidak dihilangkan, fungsi itu tetap ada karena itu adalah statuta. Komite wasit itu sangat erat sekali dengan pengembangan wasit. Lembaga independen ini dalam rangka penugasan," Dirk menegaskan.


(ran/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com