Exco PSSI Segera Bahas Nasib Shopee Liga 1, Ini Kata PT LIB

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 04 Jan 2021 19:40 WIB
Menpora Zainudin Amali (keempat kiri) didampingi Ketua PSSI Mochammad Iriawan (keenam kiri) dan Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri (kedelapan kiri) menyalami pesepak bola Persebaya Surabaya saat pembukaan kompetisi Sepak Bola Liga-1 Indonesia 2020 di Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Pembukaan Shopee Liga 1 2020 bulan Februari tahun lalu. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

Nasib Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 akan segera ditentukan PSSI dalam rapat Komite Eksekutif (Exco). PT LIB memberikan tanggapannya.

Rencananya rapat Exco PSSI akan digelar pada pertengahan Januari ini. Hal itu terkait perizinan kompetisi dari kepolisian yang belum juga turun hingga saat ini.

Dalam rapat Exco PSSI nanti bisa saja ada keputusan menghentikan kompetisi. PSSI menilai akan sulit untuk membuat jadwal baru andai rencana menggulirkan kompetisi pada awal Februari kembali tak bisa terlaksana.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan tetap jalan mengurus perizinan di tengah rencana PSSI itu. Sampai saat ini, operator kompetisi Shopee Liga 1 ini masih sibuk mengurus perizinan ke kepolisian.

"Jadi, rapat Exco kan itu buat menentukan sikap apakah nanti sudah ada izin apa belum. Kalau ternyata izin keluar sebelum rapat Exco kami kan mendiskusikan format seperti apa yang diharapkan oleh klub-klub," kata Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Tapi kalau izin belum keluar juga, menurut saya ya, ini bukan keputusan saya, kan PSSI yang rapat dengan Exco PSSI, pasti akan melihat situasi terkini kan bagaimana kalau menunggu izin," ujarnya lagi.

PT LIB tak masalah dengan rencana PSSI itu. Mereka akan tetap fokus mengusahakan kompetisi tetap bisa dilanjutkan sesuai rencana.

Apapun keputusan PSSI nantinya terkait Shopee Liga 1 dan Liga 2 akan diterima oleh PT LIB. Karena memang mereka hanya bertugas untuk menjalankan perintah dari federasi.

"Prinsipnya LIB siap menjalankan perintah-lah dari PSSI. Tentunya melalui masukan kita yang kita berikan juga ke PSSI," tutur Lukita.

(krs/cas)