Bhayangkara & Tira Persikabo Batal Ganti Nama di Kongres PSSI 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 30 Mei 2021 03:37 WIB
Logo Klub Liga 1 mulai dari Arema, Bali United, Borneo FC, Bhayangkara, Madura United, Mitra Kukar, Persebaya, Persela, Perseru, Persib, Persija, Persipura, PS Tira, PSIS, PSM, PSMS, dan Sriwijaya
Bhayangkara FC dan Tira Persikabo batal ganti nama (Foto: Infografis Detiksport)
Jakarta -

Dua klub Liga 1 yakni Tira Persikabo dan Bhayangkara FC batal berganti nama. Cuma klub-klub Liga 2 dan Liga 3 yang disahkan di Kongres PSSI, Sabtu (29/5/2021).

Bhayangkara sebelumnya berencana mengubah namanya menjadi Bhayangkara Solo FC. Sementara Tira Persikabo mau mengganti namanya menjadi Persikabo 1973.

Adapun alasan Bhayangkara mau berganti nama karena mereka pindah homebase dari Jakarta ke Solo. The Guardian bahkan sudah menggelar seremoni perpindahan mereka di Stadion Manahan, Solo, pada 27 November 2020.

Sementara Tira Persikabo mau menghilangkan unsur TNI di nama klub mereka. Adapun Persikabo adalah klub asli Bogor yang di-merger dengan PS Tira. Merger antara PS Tira dan Persikabo menghasilkan nama Tira Persikabo.

"Ada dua klub Liga 1 yang tadinya mengajukan perubahan nama. Tapi sampai akan dinaikkan sebagai agenda Kongres PSSI, tak ada surat resmi yang mereka sampaikan dan belakangan kami tahu mereka tidak jadi berubah nama," kata Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto saat memberikan keterangan pers seusai Kongres PSSI, Sabtu (29/5/2021).

Kabar ini terbilang cukup mengejutkan. Sejak jauh-jauh hari, Bhayangkara FC menyatakan sudah bersurat kepada PSSI untuk menambah nama mereka jadi Bhayangkara Solo FC.

Begitu juga dengan Tira-Persikabo yang sudah mengajukan perubahan nama sejak Kongres PSSI 2019. Namun, nyatanya mereka juga tak berganti nama.

Sementara itu, Iwan memastikan klub-klub Liga 2 diresmikan perubahan namanya, meski tak merinci siapa-siapa saja yang berganti identitas. Mereka yang mau berganti identitas adalah Babel United, Cilegon FC, Martapura FC, dan Putra Sinar Giri FC.

Babel United mau menjadi Muba Babel United, Cilegon FC menjadi Rans Cilegon FC, Martapura FC menjadi Dewa United, dan Putra Sinar Giri FC menjadi PSG Pati.

"Ada beberapa penambahan klub dan ada persetujuan perubahan nama dan itu jumlahnya ratusan (akumulasi dengan Liga 3), jadi nggak mungkin kami sebut satu-persatu. Saya rasa ada yang berganti nama ada dari Liga 3 dan Liga 2. Kalau Liga 1 nggak ada," ucap Iwan Budianto.

COO Rans Darius Darius Sinathrya membenarkan kabar pengesahan perubahan nama klub mereka. Ada kabar mereka mau kembali berubah nama menjadi Rans FC saja.

"Betul, nama klub kami sudah berubah dari Cilegon United menjadi Rans Cilegon FC. (Soal berubah nama lagi jadi Rans FC), kami enggak tahu ke depannya, karena kan harus pakai nama ini (Rans Cilegon FC) dahulu satu tahun," kata Darius.



Simak Video "Nurhidayat Susul Jejak Egy Maulana Merumput di Eropa!"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/nds)