15 Pemain yang Meninggalkan Persija dan Menyeberang ke Persib

ADVERTISEMENT

15 Pemain yang Meninggalkan Persija dan Menyeberang ke Persib

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 30 Jun 2021 16:45 WIB
Marc Klok jadi penentu kemenangan Persija Jakarta 2-1 atas Bhayangkara FC di Piala Menpora, Rabu (31/3/2021) malam WIB
15 Pemain yang pindah dari Persija Jakarta ke Persib Bandung. (Foto: dok.Persija Jakarta)

9. Baihakki Khaizan

Pria asal Singapura ini dikenal sebagai bek tangguh. Pemain yang saat itu tengah menikmati masa sukses bersama Timnas Singapura itu menciptakan lini belakang yang tangguh bersama Abanda Herman di Persija.

Ia menjadi salah satu dari gerbong pemain Singapura yang ramai-ramai datang ke Liga Indonesia saat itu. Bersama Persija, Baihakki cuma bermain satu tahun pada 2009-2010.

Setelahnya ia membelot ke Persib dan cuma bertahan setengah musim di sana. Sampai saat ini ia masih aktif bermain dengan berpindah-pindah klub di kawasan ASEAN.

Teranyar, ia baru saja tampil di Liga Champions Asia bersama Tampines Rovers, 28 Juni. Sebelumnya ia juga tampil di ajang yang sama melawan Gamba Osaka, 25 Juni.

10. Aliyudin

Aliyudin adalah striker mungil yang diambil Persija dari Persikota Tangerang. Ia di Persija dari 2007-2011.

Ia sempat menjadi bomber andalan Persija bersama Bambang Pamungkas dan Greg Nwokolo yang menciptakan trisula maut. Ketiganya sempat mendapat julukan ABG atau Aliyudin-Bambang-Greg.

Trio ABG bahkan pernah menjadi bintang Persija dalam pertandingan melawan Persib, 30 Oktober 2010. Persija menang 3-0 atas Persib, dimana Aliyudin, Bambang, dan Greg, masing-masing mencetak 1 gol.

Tak lama berselang, Aliyudin malah membelot ke Persib pada 2011. Tapi di Persib pemain asal Bogor ini tak bertahan lama, cuma sampai 2012.

11. Tony Sucipto

Toncip, sapaannya, turut pindah ke Persib pada 2011 seperti Aliyudin. Sama seperti Aliyudin, Toncip juga menjadi bagian Persija yang mengalahkan Persib 3-0 pada 2010.

Ia menjadi salah satu pemain tersukses di Persib yang pindah dari Persija. Kariernya bersama Persib cukup cemerlang sehingga bisa bertahan lama di Bandung.

Eks Sriwijaya FC itu menjadi bagian Persib yang meraih juara Liga Super Indonesia 2014. Menariknya, kini Toncip kembali ke Persija sejak 2018 setelah kesuksesannya bersama Persib.

12. Jendri Pitoy

Bukan cuma Baihakki, Aliyudin, dan Toncip yang meninggalkan Persija ke Persib di era-era setelah 2010. Ada juga Jendri Pitoy, kiper asal Papua yang menyebrang ke Persib pada 2012.

Sebelum ke Persib, Jendri Pitoy sempat semusim membela Persija pada 2011-2012. Di Persib ia juga cuma semusim karena pada 2013 ia ke Persiram Raja Ampat.

13. Muhammad Ilham

Sebelum Toncip, Muhammad Ilham sudah lebih dulu bolak-balik dari Persija, pindah ke Persib, dan kembali ke Persija.

M. Ilham, begitu ia biasa disapa turut pindah ke Persib di era yang sama dengan Aliyudin, Baihakki, dan Toncip. Di Persib ia gagal membuktikan diri.

Pemain berposisi sayap itu pun sempat ke PSPS dulu sebelum kembali ke Persija pada 2012. Datang ke Persija dengan kondisi yang berbeda, M. Ilham kembali didepak dan bergabung ke Persebaya LPI pada 2013.

Semusim di Persebaya LPI, M Ilham kembali ke Persija pada 2014. Ia kali bertahan selama dua tahun sampai 2016, tapi kesempatan bermainnya minim.

14. Muhammad Nasuha

M. Nasuha, begitu ia disapa, pindah ke Persib dari Persija di era yang sama dengan Aliyudin, Baihakki, Toncip, dan M. Ilham. Pada masa itu, memang banyak sekali pemain Persija yang pindah ke Persib.

M. Nasuha menjadi salah satu bakat terbaik yang dilepas Persija ke Persib. Saat itu, ia tengah bersinar bersama Timnas Indonesia, terutama di Piala AFF 2010.

Pemain serba bisa ini memperkuat Persija pada 2010-2011. Tapi di Persib ia sial dan mendapat cedera parah.

Cedera lutut didapatkannya pada Liga Super Indonesia 2012-2013. Cedera itu pula yang membuat kariernya di sepakbola berakhir prematur.

15. Marc Klok

Persib Bandung mengumumkan Marc Klok sebagai rekrutan anyarnya untuk musim 2021 pada, Rabu (30/6/2021). Pemain berdarah Belanda-Indonesia ini menjadi yang terbaru dalam hal meninggalkan Persija ke Persib.


(cas/krs)