Shin Tae-yong Diminta Prioritaskan Timnas ketimbang Jadi Komentator

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 19 Jul 2021 12:12 WIB
Para pemain Timnas berlatih di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).
Shin Tae-yong diminta memprioritaskan Timnas Indonesia daripada menjadi komentator aksi Timnas Korea Selatan di Olimpiade 2020. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

PSSI meminta Shin Tae-yong memprioritaskan Timnas Indonesia yang mau Pemusatan Latihan (TC). Sementara sang pelatih dikabarkan menjadi komentator Olimpiade.

Shin Tae-yong tak bisa memimpin TC awal Timnas Indonesia yang akan dimulai pada 1 Agustus 2021. Lokasi TC kemungkinan akan digelar di Samarinda atau Palembang. PSSI juga mempunyai kesulitan tersendiri karena banyak daerah di Indonesia kini menjadi zona merah COVID-19.

Dalam rilis PSSI sebelumnya, disebutkan bahwa Shin Tae-yong telah meminta izin untuk menunda kedatangannya ke Indonesia. Dalam kesepakatan sebelumnya, sebagaimana diklaim PSSI, Shin Tae-yong seharusnya kembali ke Indonesia pada 23 Juli.

Tetapi pelatih asal Korea Selatan itu meminta izin ke PSSI untuk menunda kedatangannya ke Indonesia ke 6 Agustus. Usut punya usut ternyata Shin Tae-yong dikabarkan akan menjadi komentator sepakbola Olimpiade 2020, khususnya kiprah Timnas Korsel, sebagaimana dilaporkan JoongAng Ilbo.

"Kami sedang menelusuri dan menanyakan ke Shin Tae-yong tentang kebenaran berita itu," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport menyoal kabar Shin Tae-yong menjadi komentator Olimpiade.

"PSSI sudah menyampaikan ke Shin Tae-yong agar segera kembali ke Indonesia dan memprioritaskan untuk menangani TC Timnas Indonesia. Rencananya 6 Agustus," ujarnya.

Dalam jadwal, sepakbola Olimpiade akan berlangsung pada 22 Juli-7 Agustus. Ada kemungkinan kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia akan bergantung dengan kiprah Timnas Korea di Olimpiade.

Bisa saja Shin Tae-yong datang lebih cepat andai Timnas Korea langkahnya sudah terhenti pada babak awal. Sebaliknya, kalau Timnas Korea melaju jauh, Shin Tae-yong bisa menunda lagi kedatangannya ke Indonesia.

Adapun Timnas Indonesia mau menggelar TC sebagai persiapan menyambut playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia bakal memainkan dua pertandingan melawan Taiwan alias home-away. Leg pertama digelar di Indonesia pada 7 September dan leg kedua di Taiwan pada 12 Oktober.



Simak Video "China-India Memanas, Shin Tae-yong Terancam Dipecat"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)