Liga 1 2021: Klub Cari dan Bayar Lapangan Latihan Sendiri

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 01 Sep 2021 20:50 WIB
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita (kiri)
PT Liga Indonesia Baru tak menyediakan lapangan latihan untuk tim Liga 1 2021. (Foto: Muhammad Robbani/detikSport)
Jakarta -

Tak semua kebutuhan klub difasilitasi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada penyelenggaraan Liga 1 2021. Salah satunya penyediaan lapangan latihan buat klub.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 digelar terpusat di Pulau Jawa dengan sistem series. Ada tiga klaster yang menjadi lokasi, yakni Klaster Banten-DKI Jakarta-Jawa Barat, Klaster Jawa Tengah-DI Yogyakarta, dan klaster Jawa Timur.

Dengan sistem itu, PT LIB pun memberikan berbagai fasilitas yang biasanya ditanggung oleh klub. Mulai dari akomodasi hingga transportasi.

Khusus lapangan latihan, itu tetap ditanggung sendiri oleh klub. Sebanyak 18 peserta juga harus mencari lapangan sendiri untuk menggelar persiapan menuju pertandingan.

"Latihan itu prinsipnya klub yang baru datang pertama kali itu H-2 ya. Setelah itu, di dalam itu ada latihan itu ditanggung sendiri latihannya," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita saat memberikan keterangan virtual, Selasa (31/8/2021).

Sistem terpusat ini membuat peserta tak bisa keluyuran atau berkegiatan hal lain di luar Liga 1. Menpora Zainudin Amali pada 24 Agustus lalu bahkan menyiapkan pakta integritas kepada para peserta terkait konsekuensi hal-hal terlarang selama berlangsungnya kompetisi.

Keluar dari hotel yang disediakan PT LIB menjadi salah satu hal terlarang. Cuma kegiatan yang berkaitan dengan kompetisi saja yang diizinkan, misalnya menggelar latihan rutin.

Tetapi, klub harus mencari lapangan sendiri. Padahal, mereka berada jauh dari home-basenya masing-masing imbas dari diterapkannya sistem series bubble to bubble.

"Kami sudah sampaikan kok ke klub-klub itu, mana tempat latihannya, siapa kontak personnya, tarifnya berapa, sudah kami sampaikan informasi tuh ke klub-klub," ujar Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.

"Jadi mereka tinggal telepon saja karena memang klub-klub ini mandiri. Kami (LIB) tidak support terkait itu," ucapnya menjelaskan.



Simak Video "Daftar Pemenang di Gala Ballon d'Or 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/raw)