ADVERTISEMENT

Persija Tanpa Wakil dalam Timnas Indonesia di Piala AFF?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 29 Nov 2021 19:27 WIB
TC Timnas Indonesia di Turki
Foto: Dok. PSSI
Jakarta -

Persija Jakarta mungkin tak punya wakil di skuad Timnas Indonesia Piala AFF 2020. Jika terjadi, maka ini menjadi kali pertama kali dalam sejarah turnamen.

Tak ada satupun pemain Persija yang disertakan dalam skuad berkekuatan 25 pemain Timnas Indonesia dalam Pemusatan Latihan (TC) di Turki. Skuad TC di Turki kemungkinan besar akan mengisi skuad final Piala AFF mendatang.

Osvaldo Haay sebenarnya sempat dipanggil beberapa kali, namun tak disertakan lagi setelah absen tanpa alasan pada TC di Jakarta beberapa waktu lalu. Ada juga duo pemain muda yakni Taufik Hidayat dan Braif Fatari yang sempat ikut TC Timnas Indonesia.

Piala AFF mengizinkan setiap peserta untuk mendaftarkan maksimal 30 pemain. Artinya masih akan ada lima pemain tambahan yang akan dipanggil.

Persija masih bisa berharap pemainnya dipanggil untuk melengkapi skuad berisi 30 pemain. Menilik kiprah Persija di BRI Liga 1 2021, tak ada pemain yang benar-benar menonjol untuk melengkapi skuad Timnas Indonesia.

"Saya nggak tahu dinamika pada TC berikutnya, yang pasti kemarin ada beberapa pemain yang dibidik, tetapi pemain-pemain ini lagi cedera, seperti Osvaldo dan Braif," kata Direktur Persija Ferry Paulus kepada wartawan.

"Kemarin sempat dicoba Taufik. Taufik pulang, yang dua (Osvaldo dan Braif) ini belum bisa berangkat. Kalau melihat performa di beberapa pertandingan ini, rasanya butuh waktu untuk bisa kembali ke top perform dua pemain itu, lebih dari itu wewenang dari STY (Shin Tae-yong)," ujarnya menambahkan.

Dari penelusuran detikSport, Persija tak pernah absen mengirim pemain ke skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF sejak edisi 1998. Cuma pada 1996 atau edisi perdana saja Persija tak punya wakil. Selebihnya Persija selalu mengirim wakil, minimal 1 pemain seperti pada edisi 2012.

Status sebagai klub besar yang bersaing di papan atas kompetisi domestik menjadi alasan logis pemain Macan Kemayoran selalu dilirik Timnas Indonesia. Tapi Persija sekarang sedang terpuruk dan sehingga terancam tak punya wakil di Piala AFF.

"Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini, entry by name dalam beberapa hari ini harus pssi lakukan. Kita tunggu saja," ucap Ferry.

PSSI kabarnya sudah menetapkan dan mendaftarkan skuad final 30 pemain buat Piala AFF pada 24 November lalu. Hanya saja, PSSI belum mengumumkan nama-nama pemain terpilih ke khalayak.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT