Persebaya dan Arema Sukses Gelar Pramusim Sendiri

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 25 Mei 2022 17:00 WIB
Logo Klub Liga 1 mulai dari Arema, Bali United, Borneo FC, Bhayangkara, Madura United, Mitra Kukar, Persebaya, Persela, Perseru, Persib, Persija, Persipura, PS Tira, PSIS, PSM, PSMS, dan Sriwijaya
Persebaya Surabaya dan Arema FC sukses menggelar turnamen pramusim sendiri. (Foto: Infografis Detiksport)
Jakarta -

Persebaya Surabaya dan Arema FC sukses menggelar pramusim dengan menghadirkan penonton. Kreativitas kedua klub mendapat apresiasi dari PT Liga Indonesia Baru.

Bajul Ijo menggelar uji coba dengan menghadapi Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (22/5/2022). Laga itu dihadiri oleh sekitar 33 ribu pasang mata.

Di hari yang sama, Arema menggelar uji coba melawan PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Stadion dipadati oleh sekitar 30 ribu penonton.

Antusiasme penonton di dua laga itu sekaligus menjadi sejarah bagi sepakbola Indonesia. Sudah lama pertandingan di tanah air tak dihadiri puluhan ribu penonton sejak era pandemi COVID-19.

Keberhasilan kedua klub menggelar uji coba dengan penonton dan berjalan aman pun mendapat perhatian. Itu menjadi bukti bahwa klub juga bisa menggelar turnamen pramusim sendiri.

"Terima kasih untuk Persebaya dan Arema FC. Setelah sekitar dua tahun absen, kedua tim sanggup menggelar laga uji coba yang mampu menjawab kerinduan publik datang ke stadion," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, dalam keterangan resminya.

"Itu pasti tidak mudah. Butuh perencanaan matang, detail dan koordinasi yang bagus dengan semua pihak," ujarnya menambahkan.

Meski begitu, PSSI dan PT LIB tetap menyediakan turnamen pramusim buatan mereka untuk klub-klub Liga 1. Kabarnya turnamen itu menggunakan titel Piala Presiden 2022 dan akan digelar mulai pertengahan Bulan Juni mendatang.

Terlepas dari itu, apa yang sudah ditunjukkan Arema dan Persebaya diharapkan menjadi sinyal positif buat Liga 1 2022. Rencananya kompetisi musim mendatang juga sudah akan menghadirkan penonton lagi.

"Kami akan mengembalikan kompetisi seperti sedia kala. Kompetisi Liga 1 berikutnya akan digelar dengan kehadiran penonton di stadion," tutur Lukita.

"Tentu dengan menyesuaikan dengan saran dari pemerintah. Keberhasilan menggelar pertandingan dengan penonton seperti yang dilakukan Persebaya dan Arema FC, semoga bisa segera diikuti oleh tim-tim lain," ucapnya.



Simak Video "Bus Arema FC Dirusak, 1 Oknum Suporter Persebaya Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)