Apa Rasanya Gantikan Peran Van Dijk di Liverpool, Fabinho?

Bayu Baskoro - Sepakbola
Minggu, 27 Des 2020 07:40 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 19:  Fabinho of Liverpool is challenged by Wilfried Zaha of Crystal Palace during the Premier League match between Crystal Palace and Liverpool at Selhurst Park on December 19, 2020 in London, England. The match will be played without fans, behind closed doors as a Covid-19 precaution. (Photo by Adam Davy - Pool/Getty Images)
Fabinho (kiri) tampil sebagai bek tengah Liverpool menggantikan Virgil van Dijk. (Foto: Getty Images/Pool)
Liverpool -

Fabinho saat ini bermain di posisi bek tengah Liverpool menggantikan Virgil van Dijk yang cedera. Apa yang dia rasakan selama tampil di lini belakang The Reds?

Fabinho aslinya bermain sebagai gelandang bertahan Liverpool. Dia kemudian berganti peran setelah para penggawa belakang The Reds seperti Van Dijk dan Joe Gomez mesti menepi lama akibat cedera.

Juergen Klopp selaku manajer Liverpool memutuskan menggeser posisi Fabinho dari gelandang jangkar ke bek tengah. Pemain asal Brasil itu bermain di posisi Van Dijk dan perlahan mulai menunjukkan kemampuan bertahannya.

Melansir statistik Transfermarkt, Fabinho telah tampil sebagai bek tengah menggantikan Virgil van Dijk sebanyak 13 kali di semua kompetisi. Menariknya, Liverpool belum terkalahkan sama sekali ketika pemain 27 tahun itu bermain di lini belakang.

Ketangguhan Fabinho di sektor pertahanan Liverpool pun mendapat banyak pujian dari berbagai pihak. Meski begitu, dia mengakui bermain sebagai bek tengah menggantikan Van Dijk bukan hal yang mudah.

Liverpool's Virgil van Dijk, left, and Liverpool's Fabinho react at the referee Chris Kavanagh during the English FA Cup fifth round soccer match between Chelsea and Liverpool at Stamford Bridge stadium in London Tuesday, March 3, 2020. (AP Photo/Ian Walton)Virgil van Dijk (kiri) dan Fabinho ketika tampil bareng di Liverpool. Foto: Ian Walton/AP Photo

Fabinho bahkan harus mempelajari gaya permainan Van Dijk dengan cara menonton laga-laga rekan setimnya tersebut. Dari situ, dia mulai beradaptasi memainkan peran sebagai bek tengah Liverpool.

"Saya harus menyaksikan pertandingannya dan mengambil apa-apa saja yang harus saya lakukan, terutama operan-operan yang dia buat. Saya kepengin banget melakukannya," kata Fabinho, dikutip dari Mirror.

"Dia adalah yang terbaik di posisinya, sehingga penting sekali buat saya mengamati pertandingannya. Ketika saya masuk menggantikannya, saya merasa nyaman dan seiring waktu menjadi lebih mudah," dia menambahkan.

"Ketika Virgil cedera, saya sudah menebak kalau saya bakal bermain sebagai bek tengah dan rekan setim pun mulai meledek saya. Mereka bilang: 'Fabinho si bek sudah kembali, dia di sini',".

"Saya awalnya gugup, tetapi saya sekarang sudah jauh lebih berkembang," demikian kata Fabinho soal perannya menggantikan peran Virgil van Dijk di Liverpool.



Simak Video "Liverpool Latah Ingin Gaet Chiesa, Juventus Menolak!"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)