Dirumorkan Bakal Geser Koeman di Barcelona, Ini Reaksi Arteta

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 04 Mar 2021 03:30 WIB
WOLVERHAMPTON, ENGLAND - FEBRUARY 02: Mikel Arteta, Manager of Arsenal looks on after the Premier League match between Wolverhampton Wanderers and Arsenal at Molineux on February 02, 2021 in Wolverhampton, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Nick Potts - Pool/Getty Images)
Manajer Arsenal, Mikel Arteta, menanggapi rumor bakal melatih Barcelona menggantikan Ronald Koeman. (Foto: (Getty Images/Pool)
London -

Nama Mikel Arteta mendadak dirumorkan bakal menjadi pengganti Ronald Koeman di Barcelona. Manajer Spanyol itu langsung bereaksi.

Arteta memasuki musim penuh pertamanya melatih Arsenal, sejak menggantikan Unai Emery pada akhir 2019. Manajer 38 tahun itu sudah sempat mempersembahkan trofi, ketika mengantar The Gunners juara Piala FA dan Community Shield.

Kini, ada kabar Arteta mulai diincar Barcelona. Blaugrana dirumorkan ingin memulangkannya ke Camp Nou, guna menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih Lionel Messi dkk.

Arteta memang produk akademi Barcelona. Ia sempat menimba ilmu di La Masia dan bermain untuk Barcelona B, sebelum dipinjamkan ke Paris Saint-Germain dan pindah ke Rangers pada 2002.

Rumor Mikel Arteta menggantikan Ronald Koeman di Barcelona berkembang, seiring raksasa Liga Spanyol itu bakal melakukan pemilihan presiden baru pada 7 Maret mendatang. Salah satu kandidatnya, Joan Laporta, kabarnya mengincar Arteta guna menggantikan Koeman, jika menang dalam pemilihan nanti.

Menanggapi isu tersebut, Arteta mengatakan wajar ada berita demikian. Namun, ia menegaskan sedang fokus bersama Arsenal.

Mikel Arteta kini sedang kesulitan bersama Arsenal. Pierre-Emerick Aubameyang dkk masih tertahan di peringkat 10 klasemen Liga Inggris.

"Akan selalu ada spekulasi ketika ada pemilihan umum di Barcelona, ini tim yang sangat besar," kata Arteta, yang juga pernah membela Real Sociedad, Everton dan Arsenal itu, seperti dilansir Mirror.

"Jelas saya dibesarkan di sana sebagai pemain dan akan selalu ada hubungannya. Tapi, saya sepenuhnya fokus pada pekerjaan yang harus saya lakukan di sini, yang banyak harus kami lakukan, dan saya sangat menikmatinya."

"Hari ini dan besok saya adalah manajer klub sepak bola Arsenal, dan saya sangat menikmatinya. Saya ingin melakukan lebih baik dari apa yang telah kami lakukan," ujar Mikel Arteta, terkait isu menggantikan Ronald Koeman di Barcelona.

(yna/krs)