ADVERTISEMENT

Bisakah Cavani Kasih Nomor 7 MU ke Ronaldo? Ini Aturannya

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Sabtu, 28 Agu 2021 14:00 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 20: Edinson Cavani of Manchester United celebrates after scoring their teams first goal  during the Premier League match between Fulham and Manchester United at Craven Cottage on January 20, 2021 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Clive Rose/Getty Images)
Edinson Cavani saat ini merupakan pemilik nomor punggung 7 di Manchester United (Foto: Getty Images/Clive Rose)
Jakarta -

Cristiano Ronaldo selama ini identik dengan nomor punggung 7. Namun, nomor itu di Manchester United saat ini dimiliki oleh Edinson Cavani.

Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United pada musim panas ini, atau 12 tahun setelah dia meninggalkan Old Trafford. Setan Merah telah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk transfer Ronaldo.

Pembicaraan soal kemungkinan nomor punggung Ronaldo di MU langsung mengemuka, mengingat nomor 7 yang biasa dipakai Ronaldo saat ini masih jadi milik Cavani. Legenda MU, Rio Ferdinand, sempat memberi indikasi kalau Cavani setuju memberikan nomor punggung 7 ke Ronaldo.

"Cavani, saya harus bilang, orang yang luar biasa! Dia melihat siapa yang datang dan memberikan nomor 7," Ferdinand mengatakan di saluran Youtube-nya usai pengumuman transfer Cristiano Ronaldo.

Namun, Ferdinand kemudian langsung menarik ucapannya. "Mungkin? Saya tidak tahu! Apakah dia melakukan itu atau tidak?"

"Pada akhirnya Anda tahu yang jadi masalah mungkin adalah nomor punggung sudah didaftarkan, mungkin. Dan itu mungkin jadi masalah. Jadi dia mungkin tidak bisa memakai nomor 7, jadi kita lihat saja nanti," ucap Ferdinand.

Bagaimana aturan Premier League soal ini? Peraturan Premier League bab M menyatakan bahwa nomor punggung yang sudah didaftarkan di awal musim tidak bisa diubah.

"Sebelum permulaan dari setiap musim, setiap klub harus mengalokasikan nomor yang berbeda untuk setiap anggota tim utama. Klub juga harus mengalokasikan nomor untuk setiap pemain yang gabung tim utama saat musim berjalan," demikian bunyi peraturan Premier League seperti dilansir Metro.

"Selama dia tetap di klub, si pemain akan memiliki nomor yang diberikan kepadanya di sepanjang musim. Setelah pemain meninggalkan klub, nomor yang diberikan kepadanya bisa dialokasikan kembali."

Itu berarti Cristiano Ronaldo baru bisa memakai nomor punggung 7 di MU jika Edinson Cavani meninggalkan Old Trafford. Selama masih jadi pemain MU, striker asal Uruguay itu tidak bisa begitu saja memberikan nomor punggung 7 kepada Ronaldo.

Manchester United juga bisa saja mengajukan dispensasi khusus kepada Premier League untuk menukar nomor punggung pemain. Namun, sampai saat ini belum pernah ada sejarahnya Premier League memberikan keistimewaan itu.

Kendati tidak bisa memakai nomor punggung 7 di Liga Inggris, Cristiano Ronaldo masih bisa menggunakannya di Liga Champions. Tidak ada aturan yang mengharuskan pemain memakai nomor yang sama di kompetisi domestik maupun Eropa.

Itu pernah terjadi pada Henrikh Mkhitaryan pada musim 2017/2018. Dia memakai nomor punggung 7 di Premier League dan 77 di Liga Europa. Wes Brown yang jadi bagian skuad MU peraih treble pada 1998/1999 juga memakai nomor punggung berbeda yakni 30 di Liga Champions dan 24 di Premier League.

(nds/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT