Mohamed Salah yang Tidak Lagi Sama

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 20 Mei 2022 19:30 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 14: Mohamed Salah of Liverpool looks on during The FA Cup Final match between Chelsea and Liverpool at Wembley Stadium on May 14, 2022 in London, England. (Photo by Naomi Baker - The FA/The FA via Getty Images)
Mohamed Salah yang Tidak Lagi Sama (Getty Images)
Liverpool -

Sejak kekalahan di final Piala Afrika, Mohamed Salah tak lagi moncer bersama Liverpool. Faktanya, jumlah gol Salah turun drastis!

Awal Februari kemarin, Mesir kalah dari Senegal di Piala Afrika. Mohamed Salah, striker andalan Mesir begitu terpukul.

Salah sampai menangis di lapangan. Dirinya begitu terpukul, karena belum mampu berikan titel juara untuk negaranya.

Ada statistik menarik antara Mohamed Salah, Piala Afrika, dan golnya di Liga Inggris. Sebelum Piala Afrika, Salah on fire dengan subur gol tapi setelahnya Salah begitu mandek!

Sebelum ajang Piala Afrika, Mohamed Salah cetak 23 gol dan tujuh assist dari 26 laga di seluruh kompetisi. Setelahnya, Salah hanya bikin tujuh gol dan enam assist dari 21 laga di seluruh kompetisi!

Meski begitu, Salah masih jadi pilihan utama manajer Juergen Klopp. Tapi jika ditelusuri, sebenarnya ada beberapa faktor yang bikin keran gol Salah tersumbat.

LONDON, ENGLAND - MAY 14: Mohamed Salah of Liverpool looks on during The FA Cup Final match between Chelsea and Liverpool at Wembley Stadium on May 14, 2022 in London, England. (Photo by Naomi Baker - The FA/The FA via Getty Images)Mohamed Salah sulit bikin gol selepas ajang Piala Afrika (Getty Images)

Dari faktor luar lapangan, Mohamed Salah belum memberi perpanjangan kontrak di Liverpool. Kontrak Salah akan habis pada musim panas 2023.

Salah minta kenaikan gaji, tapi Liverpool tidak merestui. Salah pun diisukan akan cabut seperti ke PSG atau klub-klub besar Eropa lainnya. Soal masalah gaji Salah, bisa klik di sini untuk artikel lengkapnya.

Dari faktor dalam lapangan, lini serang Liverpool sebenarnya terus subur. Pemain baru Luis Diaz, sudah nyetel dan rajin bikin gol.

Diogo Jota juga dapat menjadi pembeda. Jangan lupakan Sadio Mane, yang terus on fire setelah menangi Piala Afrika.

Maka rasanya, tugas bikin gol The Reds tak lagi diemban Salah semata. Jika Salah buntu, rekan-rekan lainnya di lini serang bisa jadi solusi dan sudah terbukti.

Oh iya, di bulan Maret kemarin Salah juga apes lagi bersama timnas Mesir. Saat itu, Salah gagal bawa Mesir ke Piala Dunia 2022 karena kalah dari lawan yang sama, Senegal pada laga kualifikasi dan penalti Salah di babak tos-tosan gagal.

Sejatinya, catatan gol Mohamed Salah di musim ini cukup gemilang. Salah sudah bikin 30 gol dan 16 assist dari 49 laga di seluruh kompetisi.

Satu laga krusial lagi yang harus Salah lewati adalah final Liga Champions kontra Real Madrid pada Minggu (22/5) dini hari WIB mendatang.

Mampukah, Salah sumbang gol untuk kemenangan The Reds nanti?

(aff/mrp)