Profil Marcel Sabitzer, Gelandang Baru Man United

ADVERTISEMENT

Profil Marcel Sabitzer, Gelandang Baru Man United

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 01 Feb 2023 10:40 WIB
MUNICH, GERMANY - JANUARY 28: Marcel Sabitzer of Bayern Muenchen looks on during the Bundesliga match between FC Bayern M√ľnchen and Eintracht Frankfurt at Allianz Arena on January 28, 2023 in Munich, Germany. (Photo by Roland Krivec/DeFodi Images via Getty Images)
Marcel Sabitzer gelandang baru Manchester United. (Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images)
Jakarta -

Marcel Sabitzer sudah pindah ke Manchester United sebagai pemain pinjaman. Berikut profil pesepakbola yang meroket bersama RB Salzburg itu.

Cedera panjang yang dialami oleh Christian Eriksen membuat MU bergerak menambah amunisi lini tengah. Sabitzer kemudian yang didatangkan dari Bayern Munich dengan status pinjaman.

Di Bayern musim ini, Sabitzer bukan menjadi pilihan utama. Dia menang sudah bermain 15 kali di Bundesliga, tapi cuma tujuh kali menjadi starter.

Kontribusi Sabitzer di Bayern cukup minim. Pemain 28 tahun itu membukukan sebanyak satu gol dan satu assist di Liga Jerman.

Bayern kedatangan beberapa pemain top pada bursa transfer bulan Januari 2023. Joao Cancelo, Daley Blind, dan Yann Sommer deretannya. Oleh karena itu, Di Roten harus melepas pemain untuk menyeimbangkan skuad.

Sebagai pesepakbola, Sabitzer sudah menghabiskan waktu di lima klub berbeda. Klub pertamanya berlaga di Liga Austria, Admira Wacker.

Tampil oke, Sabitzer pun ditebus oleh klub papan atas Austria Rapid Vienna. Di sana, dia mencatatkan 45 penampilan dengan sumbangan 11 gol selama satu tahun.

RB Leipzig kemudian menjadi pelabuhan Sabitzer berikutnya. Bersama klub Jerman itu, Sabitzer menghabiskan masa kariernya sebagai pesepakbola sebanyak tujuh musim. Sabitzer tampil 229 kali dengan sumbangan sebanyak 52 gol.

Piala pertama Sabitzer diraih saat dipinjamkan RB Leipzig ke RB Salzburg. Dia meraih gelar juara Piala Austria dan Liga Austria pada 2014/2015. Semusim bersama RB Salzburg, Sabitzer membukukan 51 pertandingan di semua ajang dengan sumbangan 27 gol dan 21 assist.

Bayern Munich membeli Sabitzer pada awal musim 2021/2022 dengan tebusan 16 juta euro. Dia tampil 30 kali di semua ajang, memiliki kontrak empat tahun. Gelar juara Bundesliga dan DFL Super Cup sudah dipersembahkan oleh Sabitzer untuk FC Hollywood.

Opta mencatat Sabitzer cukup oke membantu pertahanan. Ada sembilan clearance yang dilakukannya, 27 tekel (14 sukses), 37 kali melakukan dribble melewati lawan, dan delapan kali memenangi duel udara.

Saat membantu serangan, Sabitzer sudah melepaskan enam key passes untuk Bayern. Akurasi umpan Sabitzer 87,7 persen.

MU akan melawan Nottingham Forest dalam laga leg II semifinal Piala Liga Inggris, Kamis (2/2/2023) dini hari WIB. Sabitzer akan langsung main?

[Gambas:Opta]

(cas/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT