sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 24 Sep 2019 09:37 WIB

Presiden FIFA Sentil Liga Italia Terkait Masalah Rasisme

Adhi Indra Prasetya - detikSport
Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Getty Images Sport/Richard Heathcote)
Milan - Rasisme masih menjadi penyakit di sepakbola Italia. Presiden FIFA Gianni Infantino sampai angkat suara agar masalah tersebut bisa diatasi.

Rasisme masih marak terjadi di Liga Italia, dengan terakhir terjadi saat Atalanta menjamu Fiorentina di Stadion Ennio Tardini, Minggu (22/9). Bek sayap La Viola, Dalbert Henrique, menjadi sasarannya.




Dalam kejadiannya, suporter Atalanta menyanyikan ejekan kepada Dalbert. Hal itu sampai membuat wasit Daniele Orsato menghentikan laga selama beberapa menit.

Kejadian ini menambah daftar kasus rasisme di Liga Italia musim ini. Sebelumnya, striker Inter Milan Romelu Lukaku dan gelandang AC Milan Franck Kessie juga kena serangan serupa.

Kasus rasisme di sepakbola Italia membuat Infantino angkat suara. Presiden FIFA itu meminta penegakan hukum di Italia sama seperti di Inggris, yakni memberikan efek jera ke pelaku.




"Rasisme tidak boleh ada dalam kehidupan masyarakat ataupun dalam sepakbola. Di Italia, siatuasinya tak kunjung membaik," ujar Infantino, seperti dikutip dari BBC.

"Rasisme harus dilawan dengan pendidikan, hukuman, dan diskusi," sambung Infantino, yang juga memiliki darah Italia dari orang tuanya.

"Anda perlu mengidentifikasi siapa pelakunya dan melarangnya datang kembali ke stadion. Seperti di Inggris, Anda perlu kepastian hukum. Anda juga tak boleh takut melawan rasisme. Kita harus memerangi rasisme sampai mereka berhenti," jelas Infantino.


Presiden FIFA Sentil Liga Italia Terkait Masalah Rasisme


Simak Video " 4 Gol Napoli Bersarang ke Gawang Sampdoria"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com