Jelang Lawan Indonesia, Singapura Kehilangan Bek Andalannya

Randy Prasatya - Sepakbola
Selasa, 21 Des 2021 12:15 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - DECEMBER 08: Patrick Alcala Reichelt #29 of the Philippines and Shakir Hamzah #2 of Singapore compete for a loose ball during the first half of their AFF Suzuki Cup Group A game at the National Stadium on December 08, 2021 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Shakir Hamzah (kanan), bek andalan Singapura ketika berduel udara dengan pemain Filipina Patrick Alcala. Foto: Getty Images/Yong Teck Lim
Jakarta -

Singapura bertemu Indonesia di semifinal Piala AFF 2020. The Lions kehilangan bek andalannya sampai akhir turnamen karena cedera parah.

Singapura melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup A. Hal itu dikarenakan tim besutan Tatsuma Yoshida itu kalah melawan Thailand dalam laga perebutan status juara grup.

Dalam laga yang berakhir dengan skor 0-2 itu, Shakir Hamzah selaku full-back kiri Singapura mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) setelah bertabrakan dengan lawa di menit keenam. Shakir semula mencoba untuk terus main, tapi menyerah di menit ke-12.

Kehilangan Shakir bakal merugikan untuk Singapura. Pemain milik Tanjong Pagar United itu sejatinya sangat berpengaruh dalam permainan Singapura selama perhelatan Piala AFF tahun ini.

Shakir sangat piawai dalam membantu serangan dan juga bertahan. Tatsuma Yoshida sangat menyayangkan kehilangan pemainnya itu.

"Sulit untuk melihat Shakir keluar dari lapangan dengan tandu dan sangat disayangkan dia tidak akan bisa bermain di turnamen lagi," kata Tatsuma Yoshida, yang dikutip dari situs resmi federasi Singapura (FAS).

"Kita semua tahu apa yang dia bawa ke tim; sejak Juni, dia memberikan kepercayaan kepada kami dan sikap serta komitmennya terhadap tim telah meningkat secara besar-besaran."

"Shakir telah berkembang menjadi pemain kunci tim dan kami akan merasakan ketidakhadirannya baik di dalam maupun di luar lapangan. Namun, dia adalah seorang pejuang dan saya berharap yang terbaik untuk pemulihannya dan saya yakin dia akan bangkit dari situasi ini dengan lebih kuat," pelatih asal Jepang itu menegaskan.

Singapura vs Indonesia berlangsung di National Stadium, Rabu (22/12/2021) malam WIB. Shakir sangat kecewa harus mundur dari fase turnamen yang sudah dinantikan.

"Saya sangat kecewa menderita cedera ini dan tidak dapat membantu tim di babak sistem gugur, yang sangat saya nantikan untuk dimainkan. Saya akan terus mendukung tim, sementara saya fokus pada pemulihan saya. Saya juga berterima kasih atas dukungan dan harapan baik yang saya terima, dan akan melakukan yang terbaik untuk kembali lebih kuat," kata Shakir.

(ran/krs)