Pelatih Thailand: Indonesia Lebih Kuat Ketimbang Vietnam

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 17 Mei 2022 19:20 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Marc Klok (kanan) terjatuh setelah dilanggar pesepakbola Timnas Timor Leste Gumario Da Silva dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Pelatih Thailand: Indonesia Lebih Kuat Ketimbang Vietnam (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta -

Pelatih Thailand Alexandre Mano Polking menilai Timnas Indonesia U-23 lebih kuat ketimbang Vietnam. Sebab banyak skuad Garuda Muda berasal dari Piala AFF 2020.

Thailand akan jumpa Timnas U-23 di semifinal sepakbola SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022). Bagi Polking, laga semifinal nanti akan menjadi ujian berat buat timnya.

Gajah Putih akan menghadapi Timnas U-23 karena menjadi juara Grup B. Sementara Timnas U-23 melaju ke babak empat besar setelah menjadi runner-up Grup A.

Garuda Muda sebelumnya pernah kalah 0-3 dari Vietnam pada laga pertama grup. Tapi Polking melihat sisi lain dari Indonesia yang dinilainya lebih baik ketimbang Vietnam.

"Indonesia adalah tim terkuat di turnamen ini (SEA Games), bahkan jika dibandingkan dengan Vietnam," kata Polking, dikutip dari media Vietnam, 24h.

"Banyak pemainnya yang bermain di Piala AFF disertakan ke skuad SEA Games. Mereka sangat kuat, cepat, dan menyerang dengan sangat baik," ujarnya menambahkan.

Memang, ada banyak pemain Timnas U-23 yang memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF. Sebut saja Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, hingga Egy Maulana Vikri.

Shin Tae-yong memang lebih menyukai pemain muda untuk disertakan ke Timnas Indonesia. Saat ada kejuaraan kelompok usia seperti SEA Games, tak heran jika skuad yang ia bawa tak jauh berbeda dengan Timnas Indonesia senior.

Hal itulah yang dinilai Polking menjadi nilai plus buat Timnas U-23. Sementara tim lain murni menggunakan pemain mudanya yang berbeda dengan timnas senior mereka.

"Selain itu mereka (Indonesia) juga berlatih bersama selama enam pekan. Melawan mereka akan sulit karena Indonesia berlari tanpa lelah, dan Shin Tae-yong punya pengalaman yang sangat baik," ucap Polking.

"Kami sudah menyiapkan semua skenario untuk melawan Vietnam atau Indonesia," ucap pelatih berdarah Jerman-Brasil itu.

(aff/nds)