Masukkan kata pencarian minimal 3 karakter
Searching.. Please Wait
    Bench Coach Timo

    Kamus Mini Sepakbola Jerman

    - detikSport
    Ilustrasi: worldsoccertalk Ilustrasi: worldsoccertalk
    Jakarta - Beberapa pihak mengomentari tulisan saya yang terakhir di kolum ini, karena banyak istilah sepakbola dalam bahasa Jerman. Hal ini membuat saya tertarik untuk mengkompilasi beberapa istilah, nama, tahun dan singkatan yang menarik untuk diketahui.

    Sebagai contoh, anda mungkin bertanya-tanya apakah arti HSV yang tercantum di depan tim Bundesliga, Hamburg. Atau mengapa Muenchen menamakan dirinya Bayern Muenchen. Juga siapakah Karl Heinz Koerbel. Orang papua bilang epenkah (pentingkah)?

    Sebagaian besar kompilasi ini akan membahas Bundesliga dan istilah-istilah sepakbola pada umumnya, namun ada juga pembahasan singkat tentang apa sih julukan timnas Jerman yang sebenarnya? Yang pasti bukan "Der Panzer" (mobil baja panser) apalagi "Deutschland Ueber Alles", yang masih umum digunakan di Indonesia. Bila anda menyebutkan kedua julukan tadi kepada orang Jerman mereka akan bingung bahkan tersinggung karena konotasi kedua istilah tersebut terkait erat dengan perang (masa kelam Jerman) yang tidak dibanggakan oleh masyarakat Jerman.

    BUNDESLIGA - Arti kata Bundesliga adalah liga nasional. Bundesliga dimulai pada tahun 1963 dan telah berkembang menjadi liga dengan jumlah penonton stadion terbanyak di dunia (rata-rata 45.134 penonton di musim yang lalu). Jumlah rata-rata tersebut membuat Bundesliga menjadi liga dengan penonton terbanyak kedua dari semua liga olah raga yang ada di muka bumi.

    Di bawah Bundesliga satu sampai tiga (liga profesional) ada 8 liga amatir dengan regional liga (liga wilayah) berada di level paling atas. Level ke-11 liga yang ada tersebut sangat tinggi, dimulai dari liga ke-9. Sebagai ilustrasi, tim dari divisi empat dan lima Jerman bisa mengalahkan timnas Indonesia.

    Jangan salah paham, Ini tidak saya utarakan dengan maksud menghina atau maksud negatif lainnya. Saya sendiri sangat nasionalis terhadap Indonesia dan merasa pasti banyak yang menyamai level nasionalisme saya, tapi saya juga percaya bahwa tidak ada orang Indonesia yang melebihi nasionalisme saya kecuali Soekarno dan pejuang kemerdekaan lainnya yang telah meninggal.

    Pada kenyataannnya, ketertinggalan kita memang demikian jauhnya. Suatu saat saya berharap kita bisa mengejar ketertinggalan tersebut, namun hanya kalau kita bekerja super keras, secara sistimatis dan tanpa menunda-nunda lagi.

    BINTANG DI KOSTUM - Logo bintang yang menunjukkan jumlah gelar yang pernah diraih klub tersebut dimulai oleh federasi Italia. Sistem penggunaan bintang tidaklah sama di berbagai negara.

    Di Jerman, satu bintang di dada berarti klub tersebut pernah menjuarai Bundesliga tiga kali atau lebih. Dua bintang berarti tim tersebut pernah juara lima kali atau lebih. Tiga bintang menandakan klub tersebut pernah juara sepuluh kali atau lebih. Dan empat bintang -- hanya Bayern Muenchen yang saat ini berhak mempamerkannya -- berati klub tersebut pernah menjuarai Bundesliga 20 kali atau lebih.

    SPONSOR DI DADA - Ini menarik karena sponsor di dada pertama kali dilakukan oleh Eintracht Braunschweig yang kini kembali berkiprah di Bundesliga setelah 28 tahun absen. Hal ini terjadi pada musim 1977/88 dengan sponsor minuman keras, Jaegermeister.

    BVB DORTMUND - BVB berarti Ballspielverein Borussia. Ballspielverein artinya klub bola (bukan hanya sepakbola), sedangkan Borussia adalah versi latin dari kata Prussia yakni nama kerajaan terbesar Jerman sebelum Jerman bersatu menjadi negara yang ada saat ini. Arti yang sama terkandung di dalam nama klub Borussia Moenchengladbach.

    SCHALKE 04 - Schalke adalah nama kota kecil sedang 04 adalah singkatan dari 1904 yakni tahun lahirnya klub dengan fanbase yang luar biasa fanatik ini. Di dekat stadion Schalke 04 bahkan ada kuburan khusus untuk penggemar fanatik Schalke. Karena berdekatan dengan kota Dortmund dan Moenchengladbach, ketiga klub ini saling bermusuhan di kancah Bundesliga.

    HSV HAMBURG - HSV berarti Hamburger Sportverein yang artinya Klub Olahraga Hamburg. Julukan Hamburg cukup unik yakni "Die Roten Hosen" (celana merah) dan "The Dino" karena HSV adalah klub terlama di Bundesliga. Hal ini dikarenakan HSV adalah satu-satunya klub yang tidak pernah terdegradasi dari Bundesliga!

    BAYERN MUENCHEN - Bayern adalah nama provinsi di mana kota Muenchen berada. Jadi kalau diindonesiakan menjadi "Jayapura Papua", misalnya. Tim berjuluk "Die Roten" (si merah) ini adalah penguasa Bundeslliga dengan 22 kali tampil sebagai juara.

    EINTRACHT FRANKFURT - Kalau diinggriskan berarti Frankfurt United.

    SINGKATAN KLUB-KLUB LAIN - Bayer Leverkusen artinya pabrik kimia farma yang berada di kota Leverkusen. TSG Hoffenheim artinya Turn und Sportgemeinschaft atau Senam dan Persatuan Olahraga. VFB Stuttgart berarti Verein fuer Bewegungsspiele atau Klub untuk Permainan pergerakan (olahraga). FSV Mainz 05 berarti Fussball und Sportverein atau Klub Sepakbola dan Olahraga yang didirikan pada 1905.

    GERD MUELLER - Penyerang luar biasa ini dijuluki "Der Bomber" atau sang pengebom karena memang Gerd Mueller adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Bundesliga dengan 365 gol (atau rata-rata 0,85 gol/ pertandingan). Selain itu Gerd Mueller yang sempat terperosok dalam kemiskinan karena ketergantungannya pada alkohol sebelum "diselamatkan" oleh Franz Beckenbauer, juga adalah top skorer di timnas Jerman dengan 65 gol.

    By the way, di posisi kedua dan tiga daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga ada si ganteng Klaus Fischer dan pelatih Bayern Muenchen yang baru saja pensiun dengan begitu suksesnya, yakni Jupp Heynckes.

    KARL HEINZ KOERBEL - Pemain yang bermain untuk Eintrach Frankfurt pada tahun 1972 sampai 1991 ini adalah pemegang rekor penampilan terbanyak di Bundesliga dengan 602 pertandingan.

    Rekor penampilan terbanyak untuk timnas Jerman dipegang oleh Lothar Matthaeus (150 pertandingan) yang akan selalu saya kenang untuk permainan briliannya saat mematikan pergerakan Diego Armando Maradona di final Piala Dunia 1990.

    By the way, di partai final Piala Dunia 1986 Matthaeus sebenarnya juga berhasil mematikan Maradona sepanjang pertandingan, namun gagal di menit-menit terakhir sehingga Maradona berhasil memberikan umpan terobosan yang mematikan.

    JULUKAN TIMNAS JERMAN - Timnas Jerman tidak memiliki julukan di Jerman. Ini tentu berbeda dengan negara-negara lainnya yang memiliki julukan khas seperti Argentina yang dijuluki La Albiceleste (tim putih-biru langit) atau Australia Socceroos (penggabungan kata soccer atau sepakbola dan kangaroo yaitu binatang khas Australia). Banyak komentator TV menyebut "Die Mannschaft" atau "The Team" tapi sebutan tersebut tidak mengakar.

    Saran saya jangan lagi sebut timnas Jerman "Der Panzer" karena memiliki konotasi perang yang tidak disukai warga Jerman. Juga jangan memberikan selamat kepada teman Jerman Anda dengan mengatakan "Deutschland memang ueber alles". Kata-kata tersebut telah dihapus dari lagu kebangsaan Jerman. Maksud sang pencipta lagu sebenarnya baik. "Jerman kaulah segalannya" adalah maksud awal kalimat ini. Penulis ingin mengekspresikan kecintaannya pada Jerman. Baginya Jerman harus diutamakan. Oleh Hitler kalimat ini disalahartikan menjadi "Jerman berada di atas semua negara."

    Karena itu hanya bait ketiga (dari 8 bait) yang kini diakui sebagai lirik lagu kebangsaan Jerman. Bait ketiga ini dimulai dengan kalimat "Einigkeit und Recht und Freiheit" yang artinya persatuan, keadilan dan kebebasan.

    KOSTUM TIMNAS JERMAN - Putih-hitam adalah warna kostum timnas Jerman. Warna ini dipilh karena merupakan warna kerajaan Prusia. Lambang elang di bagian dada kostum timnas Jerman juga diambil dari simbol kerajaan Prusia. Kerajaan Prusia memang merupakan kerajaan terbesar Jerman saat itu dan merupakan driving force dalam proses bersatunya kerajaan-kerajaan Jerman menjadi sebuah negara modern.

    DEUTSCHE TUGENDE - Kebiasaan-kebiasaan atau sifat seorang Jerman diekpresikan lewat kalimat Deutsche Tugende. "Niemals Aufgeben" atau tidak pernah menyerah, berdisiplin tinggi, dan memandang tim secara keseluruhan sebagai bintang adalah sebagian dari Deutsche Tugende yang senantiasa diajarkan kepada pemain-pemain muda Jerman.

    MEISTER - Juara.

    HERBMEISTER - Juara musim gugur atau juara putaran pertama.

    ABSEITS - Off side.

    TOR - Gol

    SECHSER - Julukan untuk pemain bernomor punggung enam (sechs) yang berfungsi sebagai gelandang bertahan. Doppel sechser artinya dua pemain gelandang bertahan diturunkan sekaligus dalam sebuah pertandingan.

    ZEHNER - Julukan untuk pemain bernomor punggung sepuluh (zehn). Pemain ini berfungsi sebagai gelandang menyerang. Mesut Oezil, mizalnya, adalah pemain zehner.

    Demikian sekilas istilah dan lain-lain yang menurut saya menarik untuk Anda ketahui.

    Ich liebe die Bundesliga (saya cinta Bundesliga). Salor!


    ===



    * Tentang penulis lihat di sini
    * Akun twitter: @coachtimo
    * Website: www.coachtimo.org





    (a2s/krs)
    Kontak Informasi Detikcom
    Redaksi: redaksi[at]detik.com
    Media Partner: promosi[at]detik.com
    Iklan: sales[at]detik.com
    More About the Game
    bench-coach-timo