Masukkan kata pencarian minimal 3 karakter
Searching.. Please Wait
    Umpan Silang

    Kolom M.Fadli

    Selamat Datang Lagi (Paruh Kedua), MotoGP

    M.Fadli - detikSport
    Paruh kedua musim MotoGP 2017 digelar di Brno (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Paruh kedua musim MotoGP 2017 digelar di Brno (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
    Jakarta - Libur telah usai. Akhir periode libur yang justru sangat dinantikan. Karena di akhir pekan ini kita bisa menikmati lagi persaingan di kelas rajanya balapan motor. Selamat datang kembali, MotoGP.

    Mulai Jumat kemarin para pebalap MotoGP mulai disibukkan lagi dengan beragam persiapan menghadapi balapan. Setelah libur sekitar satu bulan, deru motor-motor MotoGP kembali meraung. Sirkuit Brno di Republik Ceko menjadi permulaan seri kedua musim 2017.

    Beragam aktivitas sudah dilakukan pebalap saat jeda paruh musim. Melalui akun media sosial pribadinya beberapa pebalap memilih untuk refreshing. Sementara sebagian yang lain ada yang tetap berada tak jauh dari lintasan karena harus melakukan serangkaian testing. Semua demi perfoma yang lebih baik di sembilan seri pamungkas.

    Terkait paruh kedua musim, kita akan bahas sirkuit dimulainya paruh musim kedua yaitu Brno, Republik Ceko. Bagaimana peluang para pebalap di trek ini jika berkaca pada hasil musim lalu dan performa di paruh pertama?

    Automotodrom Brno, bisa dikategorikan sebagai sirkuit dengan karakter stop and go. Memiliki panjang lintasan 5,4 km, dan lebar lintasan 15 meter, trek ini memiliki 14 tikungan: 6 kiri dan 8 kanan, dan track lurus 636 meter. Sebagai perbandingan sirkuit sentul saja memiliki track lurus terpanjang 900 meter. Berarti trek lurus di Brno terbilang pendek untuk meraih top speed. Sebagai catatan, Ianone bisa meraih top speed tertinggi bersama Ducati yakni pada angka 316,4 km/jam.

    Bisa dipastikan akan sangat seru balapan kali ini. Marc Marquez akan bertarung untuk memenangi balapan demi mempertahankan puncak klasemen yang baru dia raih pada balapan pamungkas sebelum jeda musim. Vinales tentu saja akan berusaha mengambil alih posisi Marc. Kalau bisa berharap, duel Marquez dengan Vinales bisa terjadi di Brno lantaran sejak awal musim keduanya belum pernah bersaing secara langsung.

    Tidak mau kalah saing, Ducati juga akan berupaya untuk lebih sering bertarung di baris terdepan. Mereka sudah mempersiapkan fairing baru untuk dipakai di Brno (yang sudah digunakan Jorge Lorenzo di sesi Jumat). Seperti yang kita tau, Ducati adalah pelopor winglet pada fairing yang sudah dilarang tahun ini. Terobosan Yamaha untuk mendapatkan ekstra downforce layak dinantikan.

    Lalu apakah Jorge Lorenzo akan membantu Dovizioso untuk Ducati? Ataukah akan bangkit dari keterpurukan?

    Valentino Rossi adalah jagoan di sirkuit ini, tercatat meraih 2 kali podium di dua tahun terakhir, belum lagi lima titel juara yang sudah didapat di Sirkuit Brno ini.

    Cal Crutchlow tidak spesial di musim ini. Tapi fakta bahwa dia merupakan juara musim lalu patut membuat pebalap Inggris ini jadi perhatian. Jangan lupakan juga bahwa motoGP musim ini sudah menghasilkan beberapa kejutan dalam diri para pebalap tim satelit.

    Nama-nama seperti Danilo Petruci, Dani Pedrosa, Johan Zarco, Jonas Folger dan tuan rumah Karel Abraham seharusnya tidak dipandang sebelah mata karena potensi besar mereka untuk menjadi kuda hitam.

    Sesungguhnya sangat sulit untuk membuat prediksi bagaimana balapan akan berlangsung di Brno. Segalanya bisa terjadi. Apalagi masih ada sembilan balapan tersisa sebagai kesempatan untuk para pebalap bertarung menjadi juara dunia di akhir musim nanti.

    So, Jangan lewatkan weekend ini untuk tetap menyaksikan MotoGP.

    Wassalam.



    ====

    Penulis adalah orang yang tidak punya hobi apa-apa, selain otomotif dan sepeda. Mantan pebalap nasional dan asia dalam kurun waktu 15 tahun. Instruktur untuk pebalap muda binaan Astra Honda Motor serta founder @43racingschool pemilik akun Instagram @mfadly43 (din/mrp)
    Load Komentar ...
    Kontak Informasi Detikcom
    Redaksi: redaksi[at]detik.com
    Media Partner: promosi[at]detik.com
    Iklan: sales[at]detik.com
    More About the Game
    umpan-silang