Transfer Ronaldo ke MU Vs Messi ke PSG, Lebih Heboh Mana?

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 29 Agu 2021 10:35 WIB
Barcelonas Lionel Messi, left, reacts next to Juventus Cristiano Ronaldo during the Champions League group G soccer match between FC Barcelona and Juventus at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Tuesday, Dec. 8, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama meninggalkan klubnya pada musim panas ini. (Foto: Joan Monfort/AP)
Jakarta -

Dua transfer besar terjadi musim panas ini, Lionel Messi gabung Paris Saint-Germain dan Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United. Lebih heboh yang mana?

Dua pesepakbola terbaik saat ini, Messi dan Ronaldo, meniti jalan karier yang baru pada musim panas ini. Keduanya memilih berganti klub.

Di awali dari Messi, yang akhirnya harus meninggalkan Barcelona. Ia mengakhiri dua dekade kariernya bersama Blaugrana, dengan tidak memperpanjang kontraknya.

Messi kemudian pindah ke Paris Saint-Germain. Pemilik 6 Ballon d'Or itu dikontrak dua tahun oleh Les Parisiens.

Lionel Messi resmi bergabung dengan Paris Saint Germain (PSG) usai mengabdi di FC Barcelona. Ia pun siap memulai petualangan di klub barunya ini.Lionel Messi resmi bergabung dengan Paris Saint Germain (PSG) usai mengabdi di FC Barcelona (Foto: Instagram @PSG)

Belum berhenti sampai di situ, berita transfer hebat kembali terjadi. Pada Jumat (27/8), Ronaldo secara resmi kembali ke Manchester United!

Ronaldo memutuskan meninggalkan Juventus, saat kontraknya tinggal tersisa setahun lagi. CR7 kembali ke klub yang pernah dibelanya pada tahun 2003-2008, yang turut membesarkan namanya di awal karier.

Dua berita transfer itu bisa dibilang menjadi headline pada musim panas ini. Namun, lebih heboh yang mana?

Melansir Give Me Sport, rupanya berita transfer Cristiano Ronaldo ke Manchester United yang lebih populer dibahas. Itu terlihat dari data di media sosial.

Sebagai catatan, ketika Paris Saint-Germain mengumumkan transfer Lionel Messi pada 11 Agustus lalu, cuitannya di Twitter langsung diretweet 198,6 ribu kali, menjadi Tweet kutipan hampir 60 ribu kali, dan disukai sebanyak 871,5 ribu kali hingga saat ini.

paris saint-germain lionel messiTweet pengumuman transfer Messi ke PSG Foto: Twitter @PSG_inside

Jumlah itu kalah jauh dari pengumuman Ronaldo kembali ke MU. Pengumuman yang dibagikan MU meledak di Twitter, dengan diretweet sebanyak 586,3 ribu kali, 244 ribu jadi Tweet kutipan, dan disukai 1,8 juta kali.

manchester united cristiano ronaldoBerita transfer Ronaldo kembali ke MU Foto: Twitter @ManUtd

Hanya dalam hitungan jam pula, pengumuman Ronaldo bisa lebih lebih populer dari Messi. Selain itu, MU juga kena getahnya, dengan langsung mendapat follower baru sebanyak satu juta pengikut hanya dalam waktu dua jam.

Ronaldo sendiri memang menjadi sosok paling populer di media sosial saat ini. Ia menjadi orang pertama dengan total jumlah pengikut mencapai 500 juta lebih di berbagai platform.

(yna/aff)